Buah Timun Kaya Manfaat Banyak Untung

Buah Timun Kaya Manfaat Banyak Untung. 08125222117 WA/SMS Belanja Tani. Belanja Tani adalah toko online pertanian yang menyediakan berbagai sarana dan prasarana pertanian terlengkap dan berkualitas.

Toko pertanian online Belanja Tani jual sarana dan prasarana pertanian kualitas terbaik untuk mempermudah petani dalam melakukan kegiatan pertanian. Produk – produk pertanian yang Belanja Tani jual contohnya yaitu zpt, pestisida, alat pertanian, benih tanaman, pupuk, dll.

Buah timun kaya dengan manfaat untuk tubuh. Timun buah memiliki kandungan berbagai nutrisi bermanfaat untuk tubuh. Petani cocok budidaya tanaman timun karena kaya dengan banyak nutrisi dan memiliki hasil panen yang menjanjikan.

Buah Timun

Buah timun (Cucumis sativus L) merupakan tanaman buah atau sayur yang berasal dari Benua Asia. Proses budidaya tanaman ini terus meluas ke berbagai dunia sampai seperti saat ini. Umumnya di Indonesia tanaman ini dibudidayakan pada daerah dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 0 – 1000 mdpl.

Bagian tanaman ketimun yang dimanfaatkan yaitu bagian buahnya. Timun memiliki berbagai nutrisi bermanfaat untuk tubuh. Buah ketimun dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki kondisi serta menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat – manfaat lain yang terkandung dalam buah timun contohnya yaitu :

  • Menjaga kebutuhan cairan tubuh

Timun buah kaya dengan kandungan serat dan air. Kandungan serat dan air tersebut mampu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

  • Menghilangkan lingkaran hitam pada mata

Antioksidan dan silica yang terkandung dalam buah timun mampu menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Caranya, potong timun dengan ukuran kecil – kecil. Lalu tempatkan pada kedua mata dan biarkan selama ± 30 menit. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

  • Menurunkan kadar gula

Mengkonsumsi buah mentimun bisa menurunkan kadar gula dalam tubuh. Kandungan serat dan air dalam buah timun mampu memainkan peran penting dalam menurunkan kadar gula darah.

  • Menjaga kesehatan tulang

Ketimun kaya dengan protein dan vitamin K. Nutrisi dalam buah tersebut bermanfaat dalam pembentukan tulang serta menurunkan resiko terserang penyakit osteoporosis.

  • Menjaga kesehatan jantung

Buah timun kaya dengan kandungan zat kalium. Zat kalium ini bermamfaat untuk menurunkan tekanan darah dan juga mengurangi resiko terserang penyakit kardiovaskular.

Baca Juga : Usaha Tani Lebih Untung Dengan Sarana Pertanian Berkualitas

Timun Unggul Kualitas Terbaik Idola Petani

mentimun,unggul,idola,petani,bertani,bercocok tanam

Buah timun unggul kualitas terbaik jadi idola petani hortikultura. Petani hortikultura Indonesia bisa mendapatkan profit menguntungkan asalkan menanam benih timun berkualitas terbaik. Tak heran jika benih timun unggul kualitas terbaik jadi idola petani untuk budidaya.

Untuk itu, Belanja Tani memberikan beberapa produk rekomendasi benih timun unggul untuk petani. Beberapa produk benih buah timun unggul rekomendasi Belanja Tani contohnya seperti :

  • Ethana F1

Ethana F1 adalah benih ketimun unggul produksi PT East West Seed Indonesia, Tbk (Ewindo). Buahnya memiliki berat sekitar ± 150 gram dengan potensi hasil mencapai ± 45 ton per ha.

  • Hercules Plus F1

Hercules Plus F1 adalah benih ketimun unggul produksi PT Bisi International, Tbk (Cap Kapal Terbang). Berat buahnya sekitar ± 340 gram dengan potensi hasil mencapai  ± 70 ton per ha.

  • Zatavy F1

Zatavy F1 merupakan produk benih timun unggul produksi PT East West Seed Indonesia, Tbk (Ewindo). Bagian buahnya memiliki berat sekitar ± 340 gram dengan potensi hasil panen sekitar ± 80 ton per ha.

  • Komandan F1

Komandan F1 adalah produk benih mentimun unggul produksi PT Bintang Citra Asia (BCA). Benih Komandan F1 mampu menghasilkan buah dengan berat ± 300 gram dengan potensi hasil panen mencapai ± 80 ton per ha.

  • Chin Chang F1

Chin Chang F1 dari PT Known You Seed merupakan benih ketimun unggul yang banyak . Benih Chin Chang F1 Known You Seed mampu menghasilkan buah dengan berat ± 75 gram dengan potensi hasil panen ± 50 ton per ha.

Baca Juga : Semangka Merah Buah Lezat Dan Kaya Nutrisi

Cara Budidaya Secara Baik Dan Benar Untuk Menghasilkan Buah Timun Hasil Tinggi

cara,budidaya,hasil tinggi,ketimun

Cara budidaya secara baik dan benar perlu dilakukan untuk menghasilkan buah timun dengan kualitas sempurna. Oleh karena itu, Belanja Tani akan memberikan cara menanam timun secara baik dan benar untuk Anda.

Cara budidaya mentimun secara baik dan benar yaitu :

  • Pengolahan Lahan Tanam

Lakukan proses pengolahan lahan tanam terlebih dahulu untuk menghasilkan lahan tanam dengan kondisi gembur. Cangkul atau bajak lahan tanam sampai menjadi gembur. Setelah gembur, buat bedengan pada lahan tanam.

Buat bedengan pada lahan tanam dengan ukuran tinggi ± 20 cm – 30 cm, lebar 1 meter, dan panjang menyesuaikan dengan kondisi lahan tanam. Jangan lupa berikan jarak tanam pada bedengan ± 50 cm – 60 cm.

Berikan pupuk dasar pada bedengan. Gunakan pupuk kandang dari kotoran kambing / sapi / ayam yang telah kering. Untuk setiap 1 hektar lahan membutuhkan pupuk kandang sebanyak 2 – 3 ton / ha lahan. Campurkan langsung pada tanah saat proses pengolahan lahan tanam.

  • Penyemaian Benih

Lakukan penyemaian benih terlebih dahulu untuk menghasilkan bibit berkualitas baik. Pertama, rendam benih timun terlebih dahulu dalam air hangat atau dalam larutan fungisida selama ± 30 menit. Buang bibit yang mengapung karena memiliki kualitas buruk.

Setelah itu, lakukan proses perendaman benih kembali selama 1 hari. Lalu setelah proses perendaman berakhir, peram benih dalam kertas atau kain basah. Simpan pada tempat hangat selama 24 jam. Setelah 24 jam, biasanya benih akan mulai berkecambah.

Siapkan tray semai untuk tempat semai. Siapkan juga media semai berupa campuran pupuk kandang dan tanah menggunakan perbandingan 1 : 1. Campurkan tanah dan dan pupuk kandang sampai merata.

Taburkan kecambah dalam tray semai yang telah diisi media semai dan sirami dengan secukupnya. Jangan lupa sirami secara rutin. Jika bibit timun sudah memiliki 2 – 3 helai daun atau berumur sekitar 20 – 23 hari setelah semai, maka bibit sudah bisa dipindahkan ke lahan tanam.

  • Penanaman

Masukkan bibit ke dalam lubang tanam. Proses pemindahan tanam sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari agar menghindari terik sinar matahari berlebih. Masukkan 1 bibit untuk setiap 1 lubang tanam, lalu tutupi lubang tanam dengan tanah sekitar. Sirami tiap pagi dan sore hari.

Amati sampai dengan bibit berumur 7 hst. Jika terdapat bibit yang tidak tumbuh secara sempurna maka segera lakukan penyulaman bibit. Jangan lupa pasangi dengan ajir saat bibit sudah berumur sekitar 3 – 7 hst.

Gunakan ajir sepanjang 2,25 meter – 2,5 meter. Tancapkan 2 ajir dengan posisi bersilangan (membentuk huruf X). Ikatkan bibit dengan ajir menggunakan tali raffia. Di atas persilangan ajir ditambahkan bambu panjang sesuai dengan panjang bedengan. Ikatkan bambu panjang tersebut dengan ajir menggunakan tali rafia kembali agar menjadi lebih kokoh.

Baca Juga : Hama Tanaman Membuat Keuntungan Petani Menurun

  • Pemeliharaan

Lakukan proses pemeliharaan secara berkelanjutan untuk memastikan tanaman tumbuh dengan baik. Lakukan proses perawatan / pemeliharaan dengan telaten, ulet, tekun, sabar, dan efektif.

Beberapa proses pemeliharaan / perawatan dalam budidaya timun contohnya seperti :

  1. Penyiraman

Sirami tanaman secara rutin untuk mencukupi kebutuhan air tanaman. Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari, yakni pada pagi dan sore hari.

  1. Penyiangan Gulma

Siangi gulma secara rutin. Penyiangan gulma secara rutin mampu menurunkan resiko terserang hama dan penyakit serta mampu memaksimalkan proses penyerapan nutrisi pada tanaman.

  1. Perempelan

Untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman, maka Anda harus bisa mengontrol pertumbuhan vegetatif tanaman. Hal itu bisa dilakukan dengan cara melakukan perempelan tunas. Melakukan perempelan tunas bertujuan untuk mempercepat proses pembentukan buah.

Jika tunas lebih sedikit, maka proses pembentukan buah menjadi lebih cepat. Karena itulah melakukan proses perempelan menjadi sangat penting.

Proses pemangkasan / perempelan tunas bisa dilakukan mulai umur ± 1 – 1,5 bulan setelah tanam dan dalam kondisi tanaman sedang tidak berbunga.

  1. Pemupukan Susulan

Berikan pupuk susulan pada tanaman. Pemupukan susulan pertama bisa diberikan saat tanaman berumur dibawah ± 30 hari. Berikan pupuk kandang dengan cara ditebarkan secara langsung pada lubang tanam.

Setelah berumur ± 30 hst, berikan pupuk anorganik (bisa berupa KCL, Urea, NPK, TSP, atau lainnya) dengan cara ditebarkan dengan dosis sebanyak 1 genggam pupuk per 1 tanaman.

Saat tanaman timun memasuki fase berbunga, berikan pupuk anorganik kembali namun dengan dosis 2 – 3 kali lipat lebih banyak dari pemupukan sebelumnya. Berikan juga zpt untuk menghasilkan buah dalam jumlah melimpah.

  • Pengendalian Hama Dan Penyakit

Penyakit dan hama menjadi salah satu ancaman utama dalam budidaya tanaman hortikultura. Hama dan penyakit membuat kerusakan pada tumbuhan, sehingga menyebabkan pertumbuhan dan perkembangannya terganggu serta petani mengalami kerugian.

Beberapa jenis hama dan penyakit dalam budidaya buah timun contohnya seperti :

  1. Kumbang Mentimun

Hama kumbang mentimun (Diabrotica spp.) merupakan hewan serangga yang mampu menyerang berbagai tanaman, tak terkecuali seperti mentimun. Serangga ini umumnya memiliki tubuh berwarna hijau – kuning.

Kumbang Diabrotica menyimpan telurnya secara berkelompok pada bagian celah – celah dekat tanaman inangnya. Larvanya akan memakan bagian dalam dan akarnya terlebih dahulu, lalu menyerang tunas muda, sementara untuk kumbang dewasa memakan bunga, serbuk sari, dan daun.

Gejala serangan kumbang mentimun contohnya seperti terdapat bekas gigitan pada batang dan akar, serta bagian batang melemah dan rawan roboh.

Untuk mengatasi serangan hama kumbang mentimun, cara pengendaliannya yaitu menggunakan perangkap serangga, melakukan rotasi tanaman, memanfaatkan predator / musuh alami, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

  1. Keropeng

Penyebab penyakit keropeng adalah cendawan Cladosporium cucumerinum. Jamur ini mampu bertahan pada sisa – sisa tanaman, tanah, dan juga pada biji yang terinfeksi.

Sporanya mampu menyebar melalui media seperti peralatan pertanian, hewan serangga, pakaian kerja, atau melalui udara yang lembab. Tingkat kelembaban udara tinggi dan juga suhu sedang akan meningkatkan resiko terserang cendawan Cladosporium cucumerinum.

Gejala penyakit keropeng contohnya yaitu pada daun terdapat bercak – bercak kecil dan berair lalu meninggalkan lubang – lubang kasar, pada buah terdapat bercak – bercak kecil yang mengeluarkan getah lalu berubah menjadi rongga cekung, serta buah mengalami pembusukan akibat infeksi.

Cara pengendalian penyakit keropeng contohnya seperti melakukan rotasi tanaman, melakukan penyiangan gulma secara rutin, menyirami tanaman secukupnya, dan mengaplikasikan fungisida sesuai dengan dosis.

  1. Lalat Buah Oriental

Lalat buah oriental (Bactrocera dorsalis) merupakan jenis lalat yang banyak menyerang timun. Hama ini memiliki tubuh dengan warna bervariasi, mulai dari kuning sampai coklat tua.

Serangga lalat buah oriental betina mampu menghasilkan telur sebanyak ± 1200 – 1600 butir telur dalam buah selama masa hidupnya. Kerusakan akibat serangan lalat buah oriental jika dibiarkan saja akan menjadi tidak terkendali.

Gejala serangan lalat buah oriental contohnya seperti terdapat bintik – bintik nekrotik di sekitar tanda tusukan lalat, serta buah menjadi busuk.

Cara pengendalian serangan hama lalat buah Oriental contohnya seperti menggunakan perangkap lalat buah, membuang dan memusnahkan tanaman yang terserang, membungkus buah menggunakan koran atau kantong plastik, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

  1. Layu bakteri

Penyebab penyakit layu bakteri adalah bakteri Ralstonia solanacearum. Bakteri ini bertahan hidup pada sisa – sisa tanaman inang. Serangannya dimulai dengan memasuki tanaman melalui luka pada jaringan tanaman yang terbuka.

Layu bakteri mampu berkembang dengan baik pada kelembaban tanah dan udara yang tinggi, serta pH tanah alkali. Tanah dengan tingkat kelembaban tinggi sangat rentan untuk terserang penyakit layu bakteri.

Gejala serangan atau infeksi penyakit layu bakteri contohnya seperti daun mengalami layu, bagian akar dan bawah batang menjadi berwarna kecoklatan, serta pada akar terlihat membusuk dan mengeluarkan sekresi kekuningan.

Cara mengatasi penyakit layu bakteri yaitu seperti membuang dan memusnahkan tanaman yang terinfeksi, menjaga kebersihan lahan tanam, melakukan rotasi tanaman, serta melakukan aplikasi bakterisida sesuai dengan dosis.

  1. Wereng

Wereng daun dari spesies Amrasca merupakan salah satu penyebab kerusakan pada tanaman. Hama ini memiliki tubuh sepanjang 3 – 4 mm dengan warna hijau.

Wereng betina akan bertelur dalam jaringan pembuluh daun (terutama pada bagian bawah daun). Larva akan mulai menetas setelah berumur 1 sampai dengan 4 minggu.

Hama wereng menyerang tanaman dengan cara menghisap tanaman inangnya. Saat menghisap cairan tanaman, wereng juga menyuntikkan sebuah senyawa beracun. Senyawa beracun tersebut mengakibatkan pembuluh tanaman menjadi tersumbat.

Gejala serangan hama wereng pada tanaman contohnya seperti daun mengalami klorosis, daun melengkung ke bawah / keriting, dan akhirnya daun menjadi rontok.

Cara pengendalian serangan hama wereng contohnya seperti menggunakan perangkap, menjaga kebersihan lahan tanam, membuang dan memusnahkan tanaman yang terinfeksi, serta mengaplikasikan penggunaan insektisida sesuai dengan dosis.

  • Pemanenan

Lakukan proses pemanenan buah timun setelah berumur sekitar ± 75 hst. Ciri – ciri buah siap panen contohnya yaitu buah berukuran cukup besar dan memiliki panjang sekitar ± 10 – 30 cm.

Cara pemanenannya yaitu dengan cara memotong bagian tangkai buah menggunakan gunting atau pisau tajam. Selesai panen, sortir buah timun dan kelompokkan. Cuci dengan air bersih, lalu keringkan. Tempatkan pada tempat teduh dan sejuk untuk menjaga daya tahannya. Buah timun pun siap untuk dipasarkan.

Baca Juga : Tabulampot Percantik Halaman Rumah Dan Hasilkan Keuntungan

Demikian artikel berjudul Buah Timun Kaya Manfaat Banyak Untung ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda semua. Hubungi Belanja Tani toko pertanian berkualitas melalui no. telepon 08125222117 (Khusus Layanan WA/SMS) atau 082141747141 (Khusus Layanan Telepon).

Produk – produk yang Belanja Tani jual siap kami kirimkan sampai ke alamat tujuan. Belanja Tani siap kirim produk pesanan sampai ke alamat tujuan melalui jasa pengiriman terpercaya, seperti JNE, JNT, Tiki, Indah Logistik, Wahana, Pos Indonesia, dll.

Semoga artikel ini bisa berdampak positif dan memberikan manfaat untuk Anda semua. Sampai jumpa pada artikel lainnya. Terima kasih dan sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!