Semangka Merah Buah Lezat dan Kaya Nutrisi

Semangka Merah Merah Buah Lezat dan Kaya Nutrisi. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online Belanja Tani siap bantu petani dan pelaku usaha pertanian dalam usaha budidaya tanaman. Toko Pertanian Online Belanja Tani jual benih tanaman kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani.

Toko Pertanian Online Belanja Tani menyediakan segala sarana pertanian kualitas terbaik untuk usaha budidaya tanaman di lahan pertanian. Semua sarana pertanian di Toko Pertanian Online Belanja Tani memiliki harga murah dan terjangkau bagi petani dan pelaku usaha pertanian. Beberapa sarana pertanian yang tersedia di Belanja Tani diantaranya adalah benih tanaman, pupuk, pestisida, zpt, dan alat pertanian.

Varietas benih tanaman yang tersedia di Toko Pertanian Online Belanja Tani dijamin memiliki kualitas terbaik karena diproduksi pabrik benih berpengalaman. Diantaranya adalah BISI, East West Seed, Known You Seed, Takii Seed, dan lain-lain.

Toko Pertanian Online Belanja Tani juga menghadirkan jasa konsultasi pertanian untuk membantu petani dalam mengelola budidaya tanaman. Petani bisa berkonsultasi segala masalah dalam usaha budidaya tanaman seperti cara pengolahan lahan pertanian hingga cara mencegah serangan hama. Selain itu, petani dan pelaku usaha pertanian bisa menggunakan jasa konsultasi pertanian secara gratis tanpa dipungut biaya.

Semangka merupakan salah satu jenis buah yang banyak diminati oleh masyarakat. Buah semangka merupakan salah satu buah yang banyak mengandung air.

Karena kandungan air yang banyak pada buah semangka ini yang membuat buah semangka menjadi segar dan lezat untuk dikonsumsi.

Selain kaya akan kandungan air, buah semangka juga banyak mengandung nutrisi yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Buah semangka banyak dibudidayakan oleh para petani. Budidaya buah semangka dapat dijumpai di beberapa daerah di Indonesia.

Semangka merah merupakan salah satu jenis buah semangka yang paling banyak diminati oleh masyarakat.

Semangka merah ada yang memiliki biji dan juga ada yang tidak memiliki biji tergantung dari jenis buah semangka merahnya.

Buah Semangka

buah, semangka

Buah semangka dengan nama latin Citrullus lanatus merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh dengan cara merambat.

Buah semangka masih satu kerabat dengan jenis labu labuan dan juga timun. Buah semangka dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi.

Buah semangka memiliki bentuk bulat, oval, kotak, lonjong sesuai dengan jenisnya. Buah semangka umumnya memiliki kulit berwarna hijau muda sampai tua dan bertekstur keras dengan corak garis – garis.

Buah semangka umumnya memiliki daging berwarna merah, tetapi ada juga buah semangka yang memiliki daging berwarna kuning.

Buah semangka memiliki daging yang rasanya manis saat matang. Selain itu daging semangka juga mempunyai tekstur yang lunak dan renyah. Kandungan air di dalam daging semangka juga sangat banyak.

Buah semangka juga ada yang memiliki biji dan juga ada yang tidak memiliki biji. Perbedaan warna daging dan memiliki biji atau tidak tergantung varietas benih dari buah semangka.

Buah semangka sangat cocok untuk dijadikan sebagai jus maupun di makan langsung. Buah semangka juga sangat cocok dijadikan rujak buah maupun salad buah.

Buah semangka mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi di dalam tubuh.

Buah semangka sangat enak jika dikonsumsi ketika siang hari sebagai pelepas dahaga. Hal ini dikarenakan kandungan air yang sangat banyak di dalam buah semangka.

Kandungan Buah Semangka

Kandungan buah semangka sangat banyak sekali dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah semangka memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Berikut adalah kandungan di dalam buah semangka :

– Vitamin A
– Vitamin B1
– Vitamin B5
– Vitamin B6
– Vitamin B12
– Vitamin C
– Vitamin E
– Air
– Serat
– Kalium
– Kalsium
– Magnesium
– Beta karoten
– Likopen
– Potasium
– Seng
– Asam amino
– Citrulline

Baca Juga : Benih Semangka Factor F1 Tahan Layu Bakteri dan Jamur

Manfaat Semangka Merah

Manfaat semangka merah bagi kesehatan sangat banyak. Hal ini karena didukung dengan kandungan nutrisi yang banyak di dalam buah semangka.

Berikut adalah manfaat semangka merah bagi kesehatan :

Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam buah semangka terdapat kandungan likopen. Likopen berperan sebagai salah satu antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan organ jantung.

Jantung yang sehat dan terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas maupun kolesterol. Oleh karena itu mengkonsumsi semangka bisa menjaga kesehatan jantung.

Meningkatakan Libido

Kandungan citrulline pada buah semangka sangat bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah agar tetap normal. Citruline bekerja dengan membantu melebarkan pembuluh darah yang juga dapat meningkatkan libido.

Menjaga Kesehatan Prostat

Kandungan likopen yang tinggi pada buah semangka berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan prostat agar tetap sehat.

Mencegah Dehidrasi

Buah semangka mengandung banyak sekali air dan elektrolit. Kandungan air ini dapat bermanfaat untuk menghindari dehidrasi.

Menjaga Kesehatan Gusi

Kandungan vitamin C di dalam buah semangka sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan gusi dari peradangan maupun infeksi bakteri.

Meningkatkan Kualitas dan Produksi Sperma

Di dalam buah semangka terkandung asam folat dan juga vitamin B12. Kandungan B12 dan asam folat ini dapat membantu pembentukan dan produksi sperma.

Kandungan antioksidan di dalam buah semangka dapat membantu meningkatkan kualitas sperma agar tetap sehat.

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Kandungan vitamin A di dalam buah semangka dapat membantu untuk melembabkan kulit dan juga rambut agar tetap sehat.

Mencegah Kanker

Di dalam buah semangka terkandung antioksidan seperti vitamin C dan Likopen. Antioksidan di dalam buah semangka dapat membantu untuk melindungi sel – sel di dalam tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas dapat merusak sel – sel di dalam tubuh dan menyebabkan kanker. Untuk mengatasinya dapat di lawan dengan antioksidan di dalam tubuh.

Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun yang sehat dapat bermanfaat untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit yang disebabkan virus maupun bakteri.

Kinerja sistem imun dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Salah satu jenis makanan yang mengandung vitamin C adalah buah semangka.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat di dalam buah semangka sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Kandungan serat pada buah semangka juga sangat bermanfaat bagi yang sedang melakukan program diet. Buah semangka bisa dijadikan salah satu menu sehat untuk diet.

Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin A, C dan beberapa mineral seperti kalsium dan kalsium pada buah semangka sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Jus Semangka Merah

Jus semangka merah merupakan salah satu menu minuman yang sangat baik dan menyehatkan. Terutama jika memimunya pada saat siang hari.

Memimun jus semangka dapat menghilangkan dahaga. Selain itu jus semangka juga bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

Nutrisi yang terpenuhi akan membuat tubuh menjadi segar dan sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jus semangka merah dapat dibuat sendiri dirumah maupun di beli di restoran maupun penjual jus. Jus semangka sebaiknya dibuat tanpa menambahkan gula agar khasiatnya terjaga.

Jus semangka merah juga sangat cocok dihidangkan ketika akan berbuka puasa. Mengkonsumsi jus semangka ketika berbuka puasa dapat membantu menambah energi dan juga menghidrasi tubuh.

Baca Juga : Jual Benih Semangka Gadis Manis Berkualitas Harga Murah

Budidaya Semangka Merah Peluang Bisnis Menguntungkan

budidaya, semangka, merah, peluang, bisnis, menguntungkan

Budidaya semangka merah bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Hal ini dikarenakan semangka merah merupakan salah satu jenis semangka yang paling diminati di pasaran.

Hal ini membuat petani lebih bersemangat lagi dalam usaha budidaya semangka agar dapat memenuhi permintaan pasar untuk buah semangka merah.

Budidaya semangka merah biasa dilakukan para petani di lahan pertanian. Selain itu budidaya semangka juga dapat dilakukan dirumah dengan lahan seadanya.

Budidaya semangka di kebun rumah dapat dijadikan sebagai stok bahan pangan di lingkungan keluarga.
Untuk budidaya skala besar di lahan pertanian yang luas biasanya petani memerlukan beberapa persiapan sebelum melakukan penanaman semangka.

Cara Budidaya Semangka Merah

Cara budidaya semangka merah yang baik dan benar akan menghasilkan buah semangka yang berkualitas dan juga produktif.

Buah semangka yang berkualitas dan produktif akan memberikan keuntungan bagi petani buah semangka.

Sebelum melakukan budidaya semangka sebaiknya petani memperhatikan daerah tempat penanaman apakah sudah memenuhi kriteria yang baik untuk budidaya semangka.

Budidaya semangka dapat dilakukan diberbagai daerah mulai dataran rendah sampai dataran tinggi 0 – 1000 mdpl.

Derah untuk budidaya semangka juga sebaiknya memiliki tanah yang kering dan rendah penguapan air.
Untuk curah hujan daerah penanaman semangka sebaiknyya 40 – 50 mm per bulan dan dengan suhu daerah sekitar 25 derajat pada saat siang hari.

Berikut adalah cara budidaya semangka merah di lahan pertanian :

Pemilihan Benih Semangka Merah

Pemilihan benih semangka merah yang berkualitas penting dilakukan sebelum melakukan penanaman.
Pemilihan benih semangka merah yang berkualitas penting dilakukan agar nantinya tanaman semangka yang tumbuh dapat terhindar dari serangan virus maupun penyakit.

Benih semangka merah yang unggul dan berkualitas sangat dibutuhkan petani agar hasil yang di dapatkan dari budidaya tanaman semangka merah bisa optimal.

Penyemaian Benih Semangka Merah

Penyemaian benih semangka merah dilakukan setelah memilih benih semangka merah yang berkualitas. Penyemaian benih semangka bisa dilakukan dengan menggunakan polybag kecil.

Benih semangka merah yang telah di dapat sebaiknya direndam menggunakan air selama kurang lebih 5 jam perendaman.

Perendaman benih semangka ini berfungsi untuk merangsang akar pada benih. Jika sudah direndam maka letakkan pada kain yang telah dibasahi kemudian simpan selama seharian.

Jika sudah mulai terlihat akarnya pindah ke dalam polybag. Polybag yang digunakan berukuran kecil dan didalamnya telah terisi media tanam.

Media tanam yang digunakan menggunakan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang.
Jika polybag sudah terisi dengan media tanam selanjutnya beri lubang pada media tanam dan masukkan benih kedalamnya kemudian tutup dengan tanah kembali.

Lakukan penyiraman secukupnya agar benih dapat tumbuh dengan baik. Letakkan polybag yang sudah terisi benih di tempat yang mudah pengawasannya.

Tunggu hingga benih mulai tumbuh dengan ciri – ciri tumbuhnya batang muda yang disertai beberapa helai daun.

Pengolahan Lahan Penanaman

Pengolahan lahan penanaman penting dilakukan sebelum melakukan pindah tanam benih semangka.
Tanah yang digunakan untuk budidaya semangka sebaiknya memiliki pH normal 6 – 7. Lahan yang digunakan untuk penanaman juga sebaiknya langsung tersinari oleh sinar matahari.

Pengolahan lahan penanaman dilakukan dengan cara penggemburan tanah pada lahan pertanian. Penggemburan bisa dilakukan menggunakan traktor, cangkul maupun bajak sapi.

Kemudian dibuat bedengan dengan ukuran tinggi 40 cm, lebar 200 cm dan panjang menyesuaikan dari lahan pertanian yang dimiliki.

Untuk jarak tanam antar lubang bisa 100 cm sampai 150 cm. Lubang bedengan dibuat menggunakan ukuran 30 cm x 30 cm x 30 cm dengan kedalaman 5 – 10 cm.

Jarak antar bedengan adalah 60 cm dibuat sebagai parit yang berfungsi untuk mengalirkan air jika terjadi genangan. Maupun dibuat sebagai tempat penyiraman.

Kemudian beri pupuk pada lubang sebagai nutrisi yang berguna untuk membantu pertumbuhan tanaman semangka. Pupuk yang digunakan bisa menggunakan pupuk kandang maupun pupuk anorganik.

Pemindahan Tanam

Pemindahan tanam benih semangka yang telah selesai disemai dilakukan kurang lebih ketika umur benih mencapai 5 minggu.

Pemindahan benih yang sudah siap untuk ditanam dilakukan seminggu setelah pengolahan lahan pertanian.

Masukkan benih tanaman yang sudah mulai tumbuh ke dalam lubang di bedengan pada lahan tanam yang sudah disiapkan.

Kemudian tutup menggunakan tanah. Setelah itu yang perlu dilakukan adalah perawatan dari tanaman semangka.

Perawatan Tanaman Semangka

Perawatan tanaman semangka meliputi penyiraman, pemupukan lanjutan, penyiangan, perempalan, pemeliharaan buah, pengendalian hama penyakit dan pemanenan.

Penyiraman Tanaman Semangka

Penyiraman tanaman semangka dilakukan dengan memberi air ketika awal sebelum penanaman.
Kemudian dilanjutkan dua hari sekali setelah penanaman hingga berusia 3 minggu setelah tanam atau menjelang usia berbunga. Penyiraman ini dilakukan ketika musim kemarau.

Ketika musim hujan yang perlu dilakukan adalah memastikan parit yang berada pada lahan pertanian tidak tertutup yang dapat mengakibatkan air yang menggenang di lahan penanaman.

Sebelum bunga tanaman semangka mekar perlu dilakukan pengairan dengan cara menggenang lahan setiap hari.

Jika sudah berbunga tanaman tidak lagi dilakukan penyiraman. Jika sudah mulai tumbuh buah semangka dengan besar seukuran telur ayam.

Maka dilakukan penyiraman kembali agar buah semangka dapat tumbuh dan terbentuk dengan optimal.
Pengairan bisa dikurangi secara bertahap sejak usia tanaman 24 hari dari pembungaan sampai 10 hari menjelang panen.

Penyiangan Tanaman Semangka

Penyiangan tanaman semangka dilakukan dengan cara memotong ranting pada tanaman semangka. Penyiangan dilakukan agar tanaman semangka berbuah lebih dari satu dalam satu tanaman.

Perempalan

Perempalan dilakukan dengan cara membuang tunas muda yang sudah mati pada tanaman semangka.

Pemupukan Lanjutan

Pemupukan lanjutan perlu dilakukan agar tanaman semangka dapat tumbuh dengan optimal dan produktif.

Pemupukan lanjutan bisa menggunakan pupuk npk 15 – 15 – 15 dan ZK. Cara penggunaanya adalah pupuk dilarutkan dengan menggunakan air kemudian di siramkan ke tanaman.

Perbandingan pencampuran pupuk adalah dengan menggunakan pupuk npk sebanyak 3 kg dan pupu ZK sebanyak 1 kg yang dilarutkan dengan air sebanyak 200 liter.

Campuran pupuk dan air tadi bisa digunakan untuk menyirami seribu tanaman. Pencampuran tadi merupakan pupuk lanjutan pertama pada saat usia 5 hari setelah tanam.

Pemupukan lanjutan kedua dilakukan ketika bermur 15 hari setelah tanam dengan menambahkan 1 kg pada tiap pupuk. Yang tadinya pada pupuk lanjutan pertama npk 3 kg menjadi 4 kg, pupuk ZK dari 1 kg menjadi 2 kg.

Kemudian untuk pemupukan lanjutan ketiga dilakukan ketika berumur 30 hari setelah tanam menggunakan pupuk npk saja dengan jumlah 4kg yang dilarutkan dengan 200 liter air.

Kemudian pemupukan terakhir dilakukan seminggu atau sepuluh hari setelah pemupukan ketiga dilakukan. Pemupukan terakhir menggunakan pupuk dengan dosis yang sama dengan pemupukan lanjutan ketiga.

Baca Juga : Semangka Prime F1 Berkualitas Tahan Serangan Layu Bakteri dan Jamur

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman semangka perlu dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal.

Pengendalian hama seperti gulma dapat dilakukan dengan cara membersihkannya dari lahan penanaman. Selain itu juga dapat dilakukan dengan penyemprotan herbisida.

Untuk pengendalian hama seperti serangga, jamur, cacing, tikus dll bisa menggunakan pestisida sesuai fungsinya masing – masing.

Untuk pengendalian penyakit bisa dilakukan ketika awal sebelum penanaman dengan pemilihan benih yang tahan virus, bakteri dan penyakit.

Penyakit biasanya disebabkan oleh serangan virus atau bakteri yang merugikan. Selain itu penyebaran penyakit juga terkadang disebabkan oleh hama yang menjadi penyebab tersebarnya penyakit dari satu tanaman ke tanaman lain.

Pemeliharaan Buah Semangka

Pemeliharaa buah semangka yang telah tumbuh dilakukan dengan cara membalik posisi semangka yang semula di bawah menjadi di atas.

Pembalikkan buah semangka ini dimaksudkan agar buah semangka tidak terlalu lembab dan dapat menyebabkan jamur.

Selain itu pemilihan buah juga diperlukan agar buah yang tumbuh bisa optimal dan sempurna. Untuk buah semangka yang tidak terpilih bisa dilakukan pemotongan.

Pemotongan sebaiknya menggunakan gunting yang telah direndam larutan fungisida. Pemotongan sebaiknya dilakukan sesudah jam 9 pagi ketika cuaca sedang panas.

Pemanenan Buah Semangka Merah

Pemanenan buah semangka merah dilakukan ketika berumur satu bulan setelah penyerbukan pada tanaman semangka terjadi.

Buah semangka merah yang sudah siap dipanen memilik iciri kulit yang bersih dan mengkilap. Sulur yang terletak pada tangkai buah juga berubah menjadi kering berwarna coklat.

Pemanenan buah semangka dilakukan pada pagi hari atau sore hari supaya buah semangka memiliki rasa yang manis dan juga bisa tahan disimpan lama.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian Belanja Tani melalui nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Semangka Merah Buah Lezat dan Kaya Nutrisi.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!