Menanam Tomat Sebagai Peluang Usaha Petani Sukses

Menanam Tomat Sebagai Peluang Usaha Petani Sukses. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online Belanja Tani siap bantu petani dan pelaku usaha pertanian dalam usaha budidaya tanaman. Belanja Tani merupakan Toko Pertanian Online yang menjual benih tanaman dan pestisida kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani.

Selain itu Toko Pertanian Online Belanja Tani juga menyediakan segala sarana pertanian kualitas terbaik untuk usaha budidaya tanaman pada lahan pertanian. Semua sarana pertanian pada Toko Pertanian Online Belanja Tani memiliki harga murah dan terjangkau bagi petani dan pelaku usaha pertanian. Beberapa sarana pertanian yang tersedia di Toko Pertanian Online Belanja Tani diantaranya adalah benih tanaman, pupuk, pestisida, zpt, dan alat pertanian.

Varietas benih tanaman yang tersedia pada Toko Pertanian Online Belanja Tani dijamin memiliki kualitas terbaik karena diproduksi pabrik benih berpengalaman. Diantaranya adalah BISI, East West Seed, Known You Seed, Takii Seed, dan lain-lain.

Toko Pertanian Online Belanja Tani juga menghadirkan jasa konsultasi pertanian untuk membantu petani dalam mengelola budidaya tanaman. Petani bisa berkonsultasi segala masalah dalam usaha budidaya tanaman seperti cara pengolahan lahan pertanian hingga cara mencegah serangan hama. Selain itu, petani dan pelaku usaha pertanian bisa menggunakan jasa konsultasi pertanian secara gratis tanpa dipungut biaya.

Tomat adalah salah satu hasil budidaya tanaman pertanian dari sektor hortikultura. Masyarakat biasa menjadikan tomat sebagai salah satu bahan makanan. Beberapa olahan makanan maupun minuman yang terdapat tambahan buah tomat adalah mie rebus, nasi goreng, capcay, sup, jus tomat dll.

Selain sebagai bahan olahan makanan, tomat juga terkadang bermanfaat sebagai masker kesehatan. Untuk memenuhi kebutuhan tomat, petani membudidayakan tanaman tomat pada lahan pertanian. Dengan budidaya tomat, petani dapat memenuhi kebutuhan buah tomat pada masyarakat.

Budidaya tomat yang petani lakukan bisa menguntungkan petani karena saat panen petani bisa menjualnya pada pedagang pasar. Menanam tomat tidak hanya di lahan pertanian, masyarakat juga bisa menanam tomat pada kebun sekitar rumah dengan lahan seadanya.

Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang banyak mengandung vitamin, mineral dan juga serat. Nama latin dari tomat adalah Solanum lycopersicum syn. Buah tomat memiliki rasa yang lezat dan juga menyegarkan.

Masyarakat banyak yang mengolah tomat menjadi beberapa olahan masakan yang lezat dan menyehatkan. Selain mengolahnya menjadi olahan masakan, tomat juga bermanfaat sebagai bahan masker untuk mempercantik kulit. Pada pabrik besar tomat sendiri menjadi bahan baku pembuatan saos dan juga penyedap masakan.

Banyaknya manfaat dan permintaan tomat pada masyarakat membuat petani untuk membudidayakan tanaman tomat. Petani biasa membudidayakan tanaman tomat pada lahan pertanian yang mereka miliki.
Dengan budidaya tomat petani dapat memenuhi kebutuhan tomat pada pasaran dan juga mendapat keuntungan dari menjual hasil budidaya tanaman tomat. Cara budidaya tanaman tomat tidak hanya menggunakan lahan pertanian yang luas, tetapi juga bisa dengan cara hidroponik dengan lahan seadanya.

Budidaya tanaman tomat dengan sistem hidroponik bisa menghemat lahan penanaman karena dapat masyarakat lakukan pada lahan yang seadanya. Hidroponik tomat juga bisa pada lahan yang luas.

Kandungan Gizi Tomat

Kandungan gizi tomat terdiri dari vitamin, mineral dan serat yang dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah tomat masyarakat bisa memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh agar tetap terjaga kesehatannya. Berikut ini adalah kandungan gizi yang terkandung dalam buah tomat :

– Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, C, D ,E ,K
– Air
– Gula
– Karbohidrat
– Protein
– Serat
– Kalori
– Kolin
– Kalium
– Potasium
– Selenium
– Likopen
– Beta karoten
– Zat Besi

Mengolah buah tomat sebaiknya tidak dengan cara memasaknya terlalu lama atau memanaskan terlalu lama karena dapat mengurangi kadar nutrisi yang terkandung pada buah tomat. Konsumsi buah tomat dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh.

Baca Juga : Jual Benih Tomat Falcon F1 Tahan Layu Bakteri, Fusarium dan Antivirus Gemini

Menanam Tomat Peluang Bisnis Budidaya Tanaman Hortikultura

menanam,tomat,peluang,bisnis,budidaya,tanaman,hortikultura

Menanam tomat bisa menjadi peluang bisnis budidaya tanaman hortikultura yang menguntungkan bagi para petani. Dengan budidaya tomat petani bisa memenuhi kebutuhan tomat pada pasaran. Tomat menjadi salah satu bahan pangan yang selalu masyarakat butuhkan.

Masyarakat memanfaatkan tomat menjadi beberapa olahan masakan seperti sambal, jus, sayur sup, capcay dll. Selain itu tomat juga menjadi bahan baku dari pembuatan saus tomat. Untuk menanam tomat petani maupun masyarakat bisa melakukan pada lahan pertanian maupun kebun yang mereka miliki.

Untuk budidaya tomat sebaiknya petani melakukannya pada lahan pertanian yang memiliki tahan gembur dengan kadar pH 5 – 6 agar tanaman tomat bisa tumbuh dengan optimal. Budidaya tomat bisa pada daerah dataran rendah hingga tinggi dengan ketinggian 200 – lebih dari 700 mdpl.

Cara Menanam Tomat

Budidaya tanaman tomat dapat menjadi peluang usaha budidaya pertanian yang menguntungkan bagi para petani. Agar berhasil dalam usaha budidaya petani harus memperhatikan cara menanam tomat. Berikut adalah cara menanam tomat pada lahan pertanian :

Pemilihan Benih Tomat

Sebelum melakukan usaha budidaya tanaman tomat petani harus memiliki benih tanaman tomat dulu. Sebaiknya petani memilih benih tomat yang berkualitas dan tahan virus penyakit. Benih tomat yang tahan virus dan penyakit bisa menumbuhkan tanaman tomat yang berkualitas baik.

Tanaman tomat yang berkualitas baik akan memproduksi buah tomat yang kualitas baik pula. Dengan buah tomat yang berkualitas maka hasil budidaya tanaman tomat juga akan maksimal dan menguntungkan bagi para petani.

Toko Pertanian Online Belanja Tani jual benih tomat berkualitas tahan virus dan penyakit dengan harga murah dan siap kirim ke seluruh pulau Indonesia.

Penyemaian Benih Tomat

Setelah mendapatkan benih tanaman tomat proses selanjutnya adalah penyemaian benih tomat. Penyemaian benih tomat bisa dengan menggunakan polybag maupun pada lahan bedengan.

Campurkan tanah dengan pupuk kandang hingga merata dan kemudian masukkan pada polybag plastik. Beri lubang pada bagian tengah polybag sedalam 1 cm dan masukkan benih tomat ke dalamnya kemudian tutup kembali.

Proses penyemaian benih tanaman tomat kurang lebih selama 40 hari. Setelah bibit tanaman tomat tumbuh kemudian pindahkan pada lahan pertanian yang lebih luas. Pindahkan dengan berhati – hati agar tidak merusak akar dari bibit tanaman tomat.

Pengolahan Lahan Pertanian

Usahakan pH dari tanah pada lahan pertanian memiliki tingkat keasaman yang sesuai untuk tomat yaitu pH 5 – 6. Jika terlalu asam bisa menambahkan dolomit pada lahan penanaman.Lakukan penggemburan tanah pada lahan pertanian dengan cara membajak atau mencangkulnya. Jika sudah lanjutkan dengan proses pembuatan bedengan dengan ukuran lebar 1 meter, tinggi 30 cm dan panjang menyesuaikan lahan pertanian. Jarak satu bedengan dengan bedengan lain kurang lebih 40 cm.

Jika sudah, biarkan tanah bedengan tersebut selama kurang lebih seminggu dan kemudian beri pupuk kandang dengan meratakan pada bedengan. Selain itu petani bisa juga menambahkan pupuk TSP.
Apabila sudah rata dengan pupuk, tahap selanjutnya adalah pemasangan mulsa plastik pada lahan bedengan. Dengan pemasangan mulsa plastik ini berguna untuk mencegah gulma dan menjaga kelembaban tanah.

Pindah Tanam Bibit Tomat

Beri lubang pada mulsa plastik dengan diameter kurang lebih 5 cm. Buat dua jalur lubang tanam pada satu bedengan. Jarak antar lubang tanaman 40 cm dan antar jalur lubang 70 cm. Masukkan bibit tanaman tomat ke dalam lubang tadi dengan berhati – hati agar tidak merusak akar dari bibit tanaman tomat. Kemudian tutup bibit dalam lubang dengan tanah. Siram dengan air agak membuatnya tumbuh dengan baik.

Perawatan Tanaman Tomat

Perawatan tanaman tomat sangat perlu agar tanaman tomat bisa tumbuh dengan baik dan produktif. Untuk merawatnya petani perlu melakukan penyulaman, penyiangan, pemangkasan, pemupukan susulan, pemasangan air dan pengendalian hama penyakit. Berikut adalah perawatan pada tanaman tomat :

Penyulaman

Setelah seminggu penanaman, petani bisa melakukan pengecekan pada bibit tanaman tomat yang mati dan kemudian menggantinya dengan bibit yang lebih bagus. Lakukan pencabutan bibit tanaman tomat yang layu atau mati dan kemudian mengganti dengan bibit lain.

Penyiangan

Lakukan penyiangan 3 kali pada saat musim tanam. Penyiangan ini berfungsi untuk mengendalikan gulma yang mengganggu. Gulma sering tumbuh pada area sekitar penanaman dan menyerap nutrisi pada lahan penanaman. Agar nutrisi tidak terserap oleh gulma maka petani perlu melakukan penyiangan pada area penanaman budidaya tomat.

Pemangkasan

Proses pemangkasan bisa petani lakukan setiap minggu. Pangkas tunas yang terdapat pada ketiak daun agar tidak tumbuh menjadi batang. Untuk memangkasnya petani bisa menggunakan tangan atau menggunakan pisau. Ketinggian tanaman tomat bisa petani atur dengan cara memotong ujung dari tanaman tomat. Potong ketika tanaman terdapat 5 sampai 7 buah tomat.

Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan bisa dengan menggunakan pupuk organik maupun anorganik. Lakukan pemupukan organik dengan menyemprotkan pupuk organik cair pada saat fase berbunga dan berbuah dengan pupuk yang mengandung kalium tinggi. Penyemprotan bisa petani lakukan setiap minggu.

Untuk pemupukan anorganik petani bisa memberikan pupuk urea dan kcl perbandingan 1:1 dengan dosis 2 gram setiap tanaman. Proses pemberian pupuk anorganik ini bisa petani mulai saat usia seminggu, dua minggu, empat minggu setelah penanaman dengan dosis yang meningkat tiap minggunya.

Penyiraman

Penyiraman bisa petani lakukan untuk melembabkan area budidaya terutama saat musim kemarau pada saat pagi hari. Tomat tidak terlalu membutuhkan banyak air, jadi jangan sampai lahan penanaman budidaya tomat menjadi terlalu lembab.

Pemasangan Ajir

Untuk mencegah tanaman agar tidak roboh, petani perlu melakukan pemasangan ajir pada tanaman tomat. Ajir terbuat dari bambu dengan panjang 2 meter. Tancapkan ajir pada bedengan dengan jarak 10 cm dari tanaman tomat. Ikat ujung ajir satu dengan lainnya agar lebih kokoh.

Lakukan pemasangan ajir saat tanaman memiliki ketinggian 10 sampai 15 cm. Ikat tanaman tomat pada ajir dengan hati – hati agar tidak melukai batang tanaman tomat. Pengikatan tidak perlu terlalu erat agar tidak menghambat pembesaran batang.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Untuk mengendalikan hama petani bisa menggunakan pestisida tanaman. Penggunaan pestisida sebaiknya sesuai aturan agar tidak mencemari lingkungan dan membuat hama menjadi resisten. Selain itu petani juga bisa mencegah penyakit pada tanaman dengan memilih benih tanaman tomat yang berkualitas dahan virus dan penyakit.

Toko Pertanian Belanja Tani jual benih tomat berkualitas tahan virus penyakit dengan harga murah. Toko Pertanian Belanja Tani juga menjual pestisida berkualitas terbaik dengan harga murah dan siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia.

Panen Tomat

Panen tomat bisa petani lakukan ketika tanaman tomat berusia kurang lebih 60 – 100 hari setelah tanam. Buah tomat yang siap panen biasanya memiliki ciri warna kulit berwarna kekuningan hingga kemerahan. Pemanenan bisa petani lakukan ketika pagi atau sore hari. Lakukan pemanenan dengan cara memetiknya. Petani bisa melakukan pemanenan setiap 2 sampai 3 hari sekali.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Kandungan vitamin, serat dan mineral yang terkandung dalam tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan mengkonsumsi buah tomat maka tubuh akan terpenuhi nutrisinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat tomat bagi kesehatan :

Menyehatkan Tulang

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah tomat dapat membantu untuk meningkatkan kalsium agar dapat menguatkan tulang. Tomat juga mengandung kalium, likopen yang dapat bermanfaat untuk melindungi dari pengeroposan tulang.

Menyehatkan Jantung

Tomat mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu kesehatan jantung. Mineral potassium dan kalium dalam buah tomat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Menyehatkan Kulit

Terdapat kandungan vitamin C dalam buah tomat yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel – sel tubuh dan juga jaringan kulit. Kerusakan pada jaringan kulit biasanya penyebabnya adalah sinar ultraviolet. Agar terhindar dari kerusakan akibat paparan sinar uv maka mengkonsumsi tomat bisa menjadi cara untuk menghindari kerusakan dari paparannya.

Melancarkan Pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah tomat dapat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan. Pencernaan yang lancar akan membuat tubuh menjadi sehat. Sehingga tomat bisa menjadi salah satu menu makanan untuk diet sehat.

Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah tomat dapat membantu untuk menjaga sel – sel dalam tubuh dari radikal bebas yang dapat menjadi pemicu penyakit kanker. Dengan mengkonsumsi tomat maka dapat bermanfaat untuk mencegah kanker.

Menjaga Sistem Imun

Vitamin C yang terkandung dalam tomat merupakan antioksidan alami yang dapat membantu untuk meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Sistem imun berfungsi untuk menghindarkan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Dengan mengkonsumsi buah tomat maka imunitas tubuh akan terjaga.

Menyehatkan Mata

Tomat mengandung vitamin A yang dapat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam buah tomat merupakan antioksidan yang dapat bermanfaat untuk mencegah mata dari rabun senja.

Baca Juga : Jual Benih Tomat Adella F1 Tahan Layu Fusarium dan Virus Gemini

Menanam Tomat Dengan Sistem Hidroponik

menanam,tomat,sistem,hidroponik

Tomat merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang bermanfaat sebagai bahan pangan. Masyarakat sering memanfaatkan tomat sebagai lalapan, bahan olahan makanan, bumbu penyedap dan juga saus. Kandungan vitamin dan mineral dalam tomat yang sangat menyehatkan membuatnya menjadi idola bagi masyarakat.

Selain gizinya yang sangat baik untuk kesehatan, rasanya juga lezat dan segar. Beberapa masyarakat menyukai tomat dengan mengolahnya menjadi jus tomat yang menyegarkan. Banyaknya permintaan tomat ini membuat para petani untuk membudidayakan tanaman tomat.

Petani membudidayakan tanaman tomat untuk memenuhi kebutuhan tomat pada pasaran. Selain itu petani juga dapat mendapat keuntungan dari penjualan hasil panen tanaman tomat. Para petani biasanya membudidayakan tanaman tomat pada lahan pertanian.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, beberapa petani melakukan budidaya tomat dengan sistem hidroponik. Menanam tomat dengan sistem hidroponik bisa petani lakukan pada lahan yang luas maupun seadanya atau tidak luas.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian Belanja Tani melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Menanam Tomat Sebagai Peluang Usaha Petani Sukses.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!