Tomat Hidroponik Peluang Bisnis Menguntungkan Petani

Tomat Hidroponik Peluang Bisnis Menguntungkan Petani. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online Belanja Tani jual benih tanaman kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani.

Toko Pertanian Online Belanja Tani menyediakan segala sarana pertanian kualitas terbaik untuk usaha budidaya tanaman pada lahan pertanian.

Semua sarana pertanian Toko Pertanian Online Belanja Tani memiliki harga murah dan terjangkau bagi petani dan pelaku usaha pertanian. Beberapa sarana pertanian yang tersedia adalah benih tanaman, pupuk, pestisida, zpt, dan alat pertanian.

Varietas benih tanaman Toko Pertanian Online Belanja Tani memiliki kualitas terbaik karena hasil produksi pabrik benih berpengalaman. Beberapa contohnya adalah BISI, East West Seed, Known You Seed, Takii Seed, dan lain-lain.

Toko Pertanian Online Belanja Tani juga menghadirkan jasa konsultasi pertanian untuk membantu petani dalam mengelola budidaya tanaman.

Petani bisa berkonsultasi segala masalah dalam usaha budidaya tanaman seperti cara pengolahan lahan pertanian hingga cara mencegah serangan hama.

Selain itu, petani dan pelaku usaha pertanian bisa menggunakan jasa konsultasi pertanian secara gratis tanpa membayar biaya.

Tomat merupakan salah satu jenis bahan makanan yang menjadi favorit bagi masyarakat. Tomat sering menjadi bahan campuran berbagai jenis makanan seperti salad, sayur dll.

Buah tomat juga sering menjadi jus. Jus tomat memiliki rasa yang sangat segar dan menyehatkan bagi tubuh.

Buah tomat mengandung banyak sekali vitamin yang sangat berguna untuk menyehatkan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Tomat

Tomat dengan nama latin Solanum lycopersicun merupakan salah satu jenis tanaman holtikultura yang menjadi idola masyarakat Indonesia.

Tanaman tomat merupakan salah satu jenis komoditas sayuran yang banyak tersedia pada pasar tradisional maupun pasar modern. Usaha budidaya tanaman tomat semakin berkembang untuk memenuhi kebutuhan tomat para masyarakat sebagai konsumen.

Buah tomat menjadi salah satu jenis buah yang memiliki manfaat dan berguna sebagai bahan utama pembuatan beberapa jenis hidangan.

Buah Tomat bermanfaat sebagai bahan baku pembuatan saos dan juga penyedap rasa pada olahan masakan.

Tomat juga berguna sebagai campuran pada sayur sup, capcay, salad dll.

Tomat mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi tubuhkita agar tetap terjaga kesehatannya.

Baca Juga :  Jual Benih Tomat Betavila Tahan Layu Bakteri dan Fusarium

Kandungan Tomat

Tomat sangat bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh agar tetap terjaga kesehatannya.

Kandungan tomat yang sangat bermanfaat ini membuat masyarakat semakin berminat untuk mengkonsumsi tomat. Berikut adalah kandungan yang ada dalam tomat :

– Vitamin A
– Kalori
– Vitamin B1(Thiamine)
– Air
– Vitamin B2(Ribloflavin)
– Protein Nabati
– Vitamin B3(Niacin)
– Gula
– Vitamin B5(Panthothenic Acid)
– Karbohidrat
– Vitamin B6(Pyridoxine)
– Serat
– Vitamin B9(Folat)
– Beta Karoten
– Vitamin B12
– Likopen
– Vitamin C
– Kolin
– Vitamin D
– Kalium
– Vitamin E
– Potasium
– Vitamin K
– Zat Besi
– Seng
– Selenium

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Manfaat tomat bagi kesehatan sangat banyak karena tomat mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Kandungan vitamin dan mineral dalam tomat ini sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh agar tetap sehat. Berikut adalah manfaat tomat bagi kesehatan :

Menjaga Imunitas

Buah tomat terkandung vitamin C dan juga beberapa antioksidan lainnya yang dapat membantu untuk meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh.

Imunitas tubuh yang terjaga akan menghindarkan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Mengkonsumsi tomat dapat membantu menjaga imunitas tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam tomat sangat membantu untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A juga merupakan salah satu antioksidan yang dapat menjaga sel – sel tubuh dari serangan radikal bebas.

Kandungan antioksidan ini juga dapat membantu untuk mencegah mata dari rabun senja dan degenerasi makula.

Mencegah Kanker

Beberapa kandungan antioksidan buah tomat seperti vitamin C, vitamin A, likopen dll membantu untuk melindungi sel – sel tubuh kita dari radikal bebas.

Radikal bebas dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit kanker yang berbahaya bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi tomat maka dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat buah tomat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Serat dalam buah tomat juga bermanfaat untuk mencegah sembelit dan diare.

Mengkonsumsi tomat dapat menjadi salah satu menu sehat untuk diet karena tomat dapat membantu melancarkan pencernaan.

Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C dan likopen serta antioksidan lainnya dalam buah tomat dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan kulit.

Kerusakan jaringan kulit biasanya akibat oleh paparan sinar ultraviolet. Untuk menjaga kulit agar terhindar dari kerusakan maka salah satu caranya dapat dengan mengkonsumsi tomat secara rutin.

Menyehatkan Jantung

Buah tomat terkandung beberapa vitamin dan mineral yang dberperan sebagai antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Kandungan potassium dan kalium buah tomat dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Tekanan darah dan kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit stroke dan jantung. Untuk mencegahnya dapat di dengan cara mengkonsumsi buah tomat secara rutin serta sesuai aturan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan antioksidan dalam tomat dapat juga bermanfaat untuk membantu untuk meningkatkan kalsium yang dapat menguatkan tulang.

Kandungan kalium, likopen dan mineral lainnya yang terkandung dalam buah tomat dapat bermanfaat untuk melindungi dari osteoporosis.

Baca Juga : Benih Tomat Falcon F1 Berkualitas dan Anti Virus Andalan Petani

Budidaya Tanaman Tomat

budidaya, tanaman, tomat

Budidaya tanaman tomat sudah banyak dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Usaha budidaya tomat untuk wilayah Indonesia dapat anda temukan berbagai daerah mulai dari ketinggian 0 – 1500 mdpl.

Budidaya tomat tumbuh baik serta optimal untuk daerah yang memiliki suhu 20 – 27 derajat celcius, curah hujan 750 – 1250 mg per tahun.

Permintaan hasil panen buah tomat yang tinggi serta terus meningkat membuat petani terus bersemangat dan berinovasi dalam budidaya tomat.

Di pasaran tomat sering dimanfaatkan masyarakat untuk kemudian diolah menjadi berbagai jenis olahan masakan.

Masyarakat sering mengolah tomat menjadi campuran masakan seperti sup, capcay, salad, lalapan dan juga jus.

Tomat juga dijadikan sebagai salah satu bahan baku pembuatan saus dan juga penyedap rasa masakan.
Untuk memenuhi kebutuhan tomat tersebut petani terus bersemangat dan berinovasi dalam budidaya tomat.

Budidaya tomat dapat dilakukan dengan menanamnya di lahan pertanian, di kebun rumah maupun bisa juga dengan menggunakan sistem hidroponik.

Hidroponik

Hidroponik merupakan salah satu cara untuk melakukan budidaya tanaman dengan cara memanfaatkan air untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi pada tanaman.

Budidaya tanaman dengan sistem hidroponik dapat dilakukan di lahan yang luas maupun seadanya. Budidaya tanaman hidroponik dapat dilakukan di lahan sekitar rumah.

Berbagai jenis sayur dan buah dapat dibudidayakan dengan cara hidroponik. Budidaya tanaman dengan cara hidroponik tidak membutuhkan terlalu banyak air.

Usaha budidaya dengan sistem hidroponik sudah dikenal oleh banyak petani dan juga masyarakat umum. Budidaya hidroponik dapat dijadikan sebagai peluang budidaya menguntungkan bagi petani.

Budidaya dengan sistem hidroponik juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk budidaya tanaman disekitar rumah untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan tingkat keluarga.

Menanam dengan cara hidroponik memiliki berbagai sistem seperti wick, nft, drip, dft, ebb and flow dan juga sistem deep water culture.

Kelebihan Budidaya Tanaman Hidroponik

Kelebihan budidaya tanaman hidroponik dalam usaha pertanian dapat menguntungkan bagi para petani. Berikut adalah kelebihan dari budidaya tanaman hidroponik :

– Bebas Hama
– Hasil Panen Melimpah
– Mudah
– Praktis
– Menghemat Lahan

Kekurangan Budidaya Tanaman Hidroponik

Selain memiliki kelebihan dalam budidaya, sistem budidaya hidroponik juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah kekurangan dari budidaya tanaman hidroponik :

– Modal besar
– Perlengkapan langka
– Membutuhkan ketelitian dalam mengontrol nutrisi dan keasaman pH air

Jenis Sistem Hidroponik

Hidroponik memiliki berbagai jenis sistem yang sering digunakan untuk budidaya tanaman dengan cara hidroponik.

Masing – masing sistem hidroponik memiliki ciri khas dan tata cara penanaman masing – masing. Berikut adalah beberapa sistem penanaman hidroponik :

Sistem DFT

Sistem deep flow technique adalah salah satu jenis sistem hidroponik yang memanfaatkan genangan nutrisi.

System deep flow technique bekerja dengan cara merendam tanaman dengan kedalaman 3 – 5 cm dengan air nutrisi.

Tata akar tanaman pada netpot agar menyentuh genangan air nutrisi. Sistem ini memiliki kelebihan ketika listrik padam maka nutrisi akan tetap tercukupi dari cadangan nutrisi yang berasal dari wadah.

Sistem Drip

System drip merupakan salah satu jenis sistem hidroponik yang jadi favorit petani. Sistem ini bekerja dengan meneteskan nutrisi ke akar tanaman.

Nutrisi akan menetes ke akar tanaman dan menyisakan nutrisi yang kemudian menetes lagi ke tandon penampungan nutrisi.

Sistem Deep Water Culture

Sistem deep water culture merupakan salah satu jenis sistem hidroponik yang sederhana. System deep water culture lebih familiar dengan sebutan sistem rakit apung.

Sistem deep water culture bekerja secara pasif, tanaman terendam dengan air nutrisi yang ada dalam bak penanaman. Penambahan air stione pada sistem ini berperan sebagai penambah oksigen.

Sistem NFT

System nutrient film technique bekerja dengan cara mengalirkan air yang dangkal agar tidak merendam akar tanaman.

Sistem nutrient film technique dibuat dengan posisi miring agar air nutrisi tidak menggenang. Air yang mengalir ke bawah akan menetes ke bak nutrisi.

Dari bak nutrisi ini air dipompa lagi ke atas menggunakan pompa agar mengalir kembali ke tanaman dan menggenang dan kemudian mengalir ke bawah lagi.

Sistem Ebb and Flow

Sistem ebb and flow bekerja dengan mengalirkan nutrisi ke bak tanaman dan pada waktu tertentu air akan surut dan mengalir ke tandon air nutrisi.

System ebb and flow ada yang menyebut dengan nama sistem pasang surut. Sistem ebb and flow bekerja dengan bantuan pompa yang yang menggunakan timer.

Sistem Wick

System wick merupakan salah satu sistem hidroponik yang paling mudah serta sederhana. Sistem wick bekerja dengan cara memanfaatkan sumbu untuk mengalirkan nutrisi ke tanaman.

Hidroponik sistem wick bisa menggunakan beberapa peralatan sederhana seperti kain flannel, Styrofoam, air, nutrisi dan pot dari bekas air mineral.

Media Tanam Hidroponik

Media tanam hidroponik terdiri dari berbagai macam jenis dan cara penggunaanya tergantung jenis sistem yang mau anda pakai. Berikut ini adalah beberapa media tanam hidroponik :

Rockwool

Rockwool merupakan salah satu jenis media tanam yang sering kita gunakan untuk budidaya pada sistem hidroponik.

Media tanam rockwool terbuat dari bebatuan basalt, batu kapur dan batu bara yang dilelehkan. Media tanam rockwool mudah menyerap cairan sehingga sangat bagus jika digunakan untuk media tanam pada sistem hidroponik.

Arang Sekam

Arang sekam terbuat dari limbah kulit padi yang sudah melalui proses pembakaran. Media Tanam arang sekam banyak mengandung unsur hara seperti nitrogen, kalsium, magnesium dan fosfor.

Arang sekam memiliki tingkat keasaman netral yaotu berkisar antara 6,5 – 7. Arang sekam juga sering kita gunakan sebagai bahan pencampuran kompos, media tanam, media penyemaian dll.

Cocopeat

Cocopeat adalah salah satu jenis media tanam yang terbuat dari serabut kulit kelapa yang telah diolah menjadi lebih halus.

Media Tanam cocopeat juga ada yang berbentuk kasar dan halus. Cocopeat dapat kita gunakan sebagai media tanam karena dapat menampung air dengan kapasistas tinggi sehingga membuatnya lebih efisien.

Perlite

Perlite merupakan media tanam yang terbuat dari batuan vulkanik alami.  Media tanam perlite sering kita gunakan sebagai media tanam dan juga media penetasan telur reptil.

Perlite mempunyai kemampuan untuk menyimpan nutrisi dan unsur hara dengan baik. Perlite memiliki warna putih dan berbentuk batuan kecil.

Budidaya Tomat Hidroponik

budidaya, tomat, hidroponik

Budidaya tomat hidroponik dapat dilakukan sebagai salah satu usaha pertanian yang menguntungkan dan dapat bermanfaat untuk membantu menenuhi kebutuhan tomat di pasaran.

Usaha budidaya tomat hidroponik dapat kita lakukan menggunakan lahan yang luas maupun lahan terbatas sekitar halaman rumah. Usaha budidaya tomat hidroponik sekitar halaman rumah dapat bermanfaat sebagai stok bahan pangan pada tingkat keluarga.

Agar budidaya tomat hidroponik berhasil dan menguntungkan petani maka cara penanaman tomat hidroponik harus memperhatikan beberapa hal.

Budidaya tomat hidroponik dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa sistem penanaman hidroponik. Salah satunya adalah budidaya tomat dengan menggunakan sistem wick.

Budidaya tomat hidroponik dengan menggunakan sistem wick merupakan salah satu cara budidaya tomat hidroponik yang mudah dan menguntungkan petani.

Baca Juga : Tomat Corona F1 Tahan Serangan Virus Gemini dan Layu Fusarium

Cara Menanam Tomat Hidroponik Sistem Wick

Cara menanam tomat hidroponik sistem wick akan lebih mudah dan menguntungkan bagi petani. Hal ini karena sistem wick tidak terlalu membutuhkan banyak peralatan untuk melakukan budidaya.

Alat dan bahan untuk budidaya hidroponik menggunakan sistem wick bisa dengan mudah kita dapatkan. Alat dan bahan budidaya tomat hidroponik sistem wick bisa kita beli lewat toko pertanian atau memakai bahan bekas.

Berikut adalah cara menanam tomat hidroponik menggunakan sistem wick :

Pemilihan Benih Tomat

Pilih benih tomat yang berkualitas serta anti virus terbaik sehingga anda akan aman selama menjalankan aktivitas budidaya.

Hal ini bertujuan agar nantinya tanaman tomat yang tumbuh tahan terhadap serangan virus dan penyakit serta dapat produksi dengan maksimal.

Penyemaian Benih Tomat

Setelah memilih benih tomat berkualitas untuk bahan tanam, selanjutnya adalah proses penyemaian benih tomat.

Semai benih tanaman tomat  dengan menggunakan media tanam arang sekam yang sudah ditaruh dalam pot atau gelas plastik mineral bekas.

Bagian pot atau gelas mineral bekas ada lubang dan masukkan sumbu yang terbuat dari kain flannel.

Jika sudah masukkan benih tomat ke dalam media penyemaian. Lakukan penyiraman pada benih yang anda tanam dengan air secukupnya.

Lokasi media penyemaian harus terhindar dari sinar matahari dan terlindung dari air hujan.
Jika sudah tumbuh maka letakkan media tanam pada tempat terkena sinar matahari secara bertahap hingga bibit berumur 25 hari.

Pindah Tanam

Setelah berumur 25 hari dan bibit sudah tumbuh maka selanjutnya adalah pemindahan ke media hidroponik.

Pembaca semua bisa menggunakan media hidroponik berupa bak plastik yang berisi nutrisi pupuk cair. Diatas bak terdapat tutup dari Styrofoam yang sudah ada lubang untuk meletakkan pot/net yang digunakan untuk menanam.

Styrofoam berfungsi sebagai penyangga dari media tanam agar tidak menyentuh dasar bak plastik.
Sumbu yang terbuat dari kain flannel tadi berfungsi untuk mengalirkan nutrisi cair dari bak air menuju akar tanaman pada netpot/pot.

Pemeliharaan Tanaman Tomat Hidroponik

Pemeliharaan tanaman tomat hidroponik bisa pembaca lakukan dengan cara pengecekkan pH air secara rutin. Selain itu nutrisi cair pada bak plastik juga perlu anda cek apakah perlu adanya tambahan lagi atau tidak.

Jika terdapat hama yang mengganggu segera lakukan penyemprotan menggunakan pestisida dengan dosis tertentu dan tidak berlebihan.

Pemanenan Tomat Hidroponik

Panen tomat hidroponik dapat bisa anda mulai ketika tanaman tomat berumur kurang lebih tiga bulan. Tomat yang sudah matang memiliki ciri kulit buah yang berubah warna menjadi kekuningan sampai orange kemerahan.

Jika ada yang kurang jelas segera hubungi Toko Pertanian Belanja Tani melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Tomat Hidroponik Peluang Bisnis Menguntungkan Petani .

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!