Jual Benih Semangka Amara Kualitas Terbaik Harga Murah

Benih Semangka Amara

benih, semangka, amara

Sebelum melakukan usaha budidaya buah semangka petani sebaiknya membeli benih terlebih dahulu. Benih yang petani gunakan sebaiknya yang berkualitas agar nantinya tanaman yang tumbuh juga berkualitas.

Benih semangka Amara F1 merupakan jenis benih semangka berkualitas tahan layu bakteri dan jamur dan memiliki hasil tinggi. Untuk mendapatkannya petani bisa membelinya pada toko pertanian terdekat. Toko Pertanian Belanja Tani jual benih semangka non biji Amara F1 berkualitas terbaik harga murah.

Penyemaian Benih Buah Semangka

Setelah mendapatkan benih semangka, proses selanjutnya adalah menyemai benih semangka. Media penyamaiannya bisa menggunakan polybag kecil yang berisi campuran tanah dan pupuk kandang.

Sebelumnya lakukan perendaman pada benih buah semangka selama 5 jam agar merangsang akar pada benih buah semangka. Kemudian letakkan benih yang sudah terendam tadi pada kain basah dan simpan selama sehari hingga bertunas.

Jika sudah bertunas pindahkan ke polybag penyemaian, beri lubang pada media semai dan masukkan benih semangka ke dalamnya. Tutup kembali dengan menggunakan tanah dan siram dengan air secukupnya.

Letakkan media penyemaian tadi pada tempat yang mudah pengawasannya. Bibit buah semangka yang siap pindah tanam memiliki ciri mempunyai batang muda dan terdapat daun beberapa helai.

Pengolahan Lahan Penanaman

Cara pengolahan lahan penanaman dengan menggemburkan tanah menggunakan bajak atau cangkul. Selain menggemburkan tanah, campurkan juga pupuk kandang dan juga pupuk NPK pada lahan penanaman.

Campurkan hingga rata pada area penanaman. Jika sudah buat bedengan dengan ukuran lebar 200 cm, tinggi 60 cm dan panjang menyesuaikan lahan yang petani miliki.

Jarak satu bedengan dengan bedengan lain 60 cm dengan membentuk parit yang berfungsi sebagai tempat mengalirkan air agar tidak terjadi genangan. Beri jarak tanam tiap lubang 100 cm sampai 150 cm dan kedalaman lubang penanaman 10 cm.

Pindah Tanam

Proses selanjutnya adalah pindah tanam bibit semangka dari media semai ke bedengan. Bibit buah semangka yang berumur kurang lebih 5 minggu siap untuk pindah tanam.

Untuk memindahkannya petani bisa melakukannya seminggu setelah pengolahan lahan penanaman. Masukkan bibit semangka pada lubang bedengan dengan berhati – hati agar tidak merusak akar dari bibit tanaman semangka dan kemudian tutup kembali menggunakan tanah.

Penyiraman

Setelah melalui proses pindah tanam selanjutnya adalah peratawan tanaman semangka dengan melakukan penyiraman. Penyiraman tanaman semangka petani lakukan ketika awal penanaman dan kemudian dua hari sekali setelah penanaman hingga berusia tiga minggu atau menjelang berbunga.

Proses penyiraman tanaman semangka ini untuk musim kemarau. Jika musim hujan, petani hanya memastikan parit yang berada pada lahan penanaman tidak tertutup.

Parit yang tertutup akan menyebabkan aliran air tidak lancar dan membuatnya menggenang pada lahan penanaman. Selanjutnya ketika tanaman semangka sudah berbunga petani tidak perlu melakukan penyiraman lagi sampai tanaman tumbuh buah berukuran sebesar telur ayam.

Jika sudah tumbuh buah maka petani melakukan penyiraman kembali agar buah dapat terbentuk dengan maksimal.

Penyiangan

Petani melakukan penyiangan tanaman semangka dengan cara memotong ranting pada tanaman semangka. Penyiangan ini memilik ifungsi agar tanaman semangka bisa berbuah lebih dari satu dalam satu tanaman.

Perempelan

Cara melakukan perempelan adalah dengan cara membuang tunas yang masih muda dan mati pada tanaman semangka.

Pemupukan Lanjutan

Pemupukan lanjutan ini memiliki fungsi untuk menutrisi tanaman semangka agar dapat tumbuh dengan maksimal dan produktif. Petani bisa menggunakan pupuk jenis NPK 15-15-15 dan ZK untuk pemupukan lanjutan tanaman semangka.

Cara penggunaan pupuknya adalah dengan cara melarutkan pupuk tersebut dengan menggunakan air. Kemudian menyiramkannya pada tanaman semangka.

Campur pupuk dengan air sebanyak 200 loter dengan perbandingan pupuk NPK 3 kg dan pupuk ZK 1kg. Takaran dosis campuran pupuk ini bisa petani gunakan untuk melakukan pemupukan seribu tanaman semangka.

Pemupukan ini merupakan pupuk lanjutan tanaman semangka saat memasuki usia 5 hari setelah tanam. Selanjutnya pemupukan lanjutan kedua saat tanaman memasuki umur 15 hari setelah tanam.

Gunakan campuran pupuk NPK, pupuk ZK dan air seperti pemupukan pertama, yang membedakan hanya dosisnya yaitu tambahkan 1kg pada setiap pupuk dari dosis awal. Semisal pada awalnya NPK sebanyak 3kg pada pemupukan kedua ini menjadi 4kg.

Untuk pemupukan lanjutan ketiga bisa petani berikan ketika tanaman semangka memasuki umur 30 hari setelah tanam. Dosis untuk pemupukan ini adalah 200 liter air dengan pupuk NPK saja sebanyak 4kg dan untuk pemupukan terakhir bisa petani lakukan ketika seminggu atau sepuluh hari setelah pemupukan ketiga dengan dosis yang sama.

Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman

Dalam budidaya tanaman semangka pasti terdapat organisme pengganggu tanaman seperti gulma dan hama yang menyerang tanaman pertanian. Gulma yang menyerang tanaman pertanian dapat menyebabkan tanaman semangka kekurangan nutrisi karena gulma menyerap nutrisi dari lahan penanaman.

Sedangkan hama yang menyerang tanaman semangka terkadang menyebabkan kerusakan hingga kematian pada tanaman semangka. Selain itu hama juga dapat menyebarkan bibit penyakit dari satu tanaman ke tanaman yang lainnya.

Cara pengendaliannnya salah satunya adalah dengan memilih benih berkualitas unggul terhadap penyakit. Benih semangka Amara F1 merupakan benih yang tahan penyakit layu bakteri dan jamur. Toko Pertanian Belanja Tani jual benih semangka Amara F1 terbaik harga murah dan siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu petani juga dapat memberikan pestisida pada tanaman yang terserang gulma dan hama. Jenis pestisida untuk gulma adalah herbisida sedangkan untuk hama bisa dengan insektisida. Pemberian pestisida sebaiknya tidak berlebihan agar tidak mencemari lingkungan dan membuat hama atau gulma menjadi resisten.

Perawatan Buah Semangka

Perawatan buah semangka bisa petani lakukan dengan cara membalik posisi dari buah semangka dari atas ke bawah dan sebaliknya. Fungis dari pembalikkan ini agar buah tidak lembab yang kemudian bisa menumbuhkan jamur.

Pemanenan Semangka

Pemanenan buah semangka bisa petani lakukan ketika semangka berumur satu bulan setelah penyerbukan. Semangka yang siap panen memiliki ciri kulit mengkilap dan bersih. Sulur pada tangkai buah berubat warna menjadi coklat dan kering. Panen buah semangka bisa petani lakukan saat sore atau pagi hari.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian Belanja Tani melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Benih Semangka Amara Kualitas Terbaik Harga Murah.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!