• Pemotongan Cabang Tanaman Semangka

Untuk mendapat hasil panen dengan buah semangka yang besar, petani dapat melakukan pemotongan cabang pada tanaman semangka. Cabang yang dapat petani potong merupakan cabang yang utama setelah ruas kelima pada tanaman semangka.

Tunas samping pada tanaman semangka yang baru saja tumbuh sebaiknya petani potong, namun sebaiknya tiga tunas samping tidak petani potong. Ini berguna untuk pada saat proses budidaya tanaman peresapan nutrisi hanya terjadi pada cabang yang petani pelihara.

  • Pemberantasan Gulma Dan Pembuangan Buah Semangka

Tumbuhnya gulma pada sekitar lahan pertanian dapat mengganggu pertumbuhan dari tanaman semangka. Untuk itu petani wajib melakukan pemberantasan gulma karena gulma dapat mengambil nutrisi yang tanaman butuhkan.

Sedangkan untuk pembuangan buah dapat petani lakukan pada buah semangka yang tumbuh tidak normal. Biasanya tanaman semangka dapat menghasilkan buah normal sekitar 2 sampai 3 buah untuk 1 tanaman.

  • Penanganan Hama Dan Penyakit

Serangan dari hama dan penyakit dapat menyebabkan tanaman semangka tumbuh tidak optimal bahkan lebih parahnya lagi mati. Sehingga dalam menangani hama dan penyakit, petani harus melakukannya secara rutin.

Penanganan hama dan penyakit dapat petani lakukan menggunakan Fungisida, Pestisida atau Insektisida. Namun penggunaan Pestisida ataupun lainnya harus petani sesuaikan dengan jenis serangan hama dan penyakit dengan dosis yang tepat.

Pemanenan Pada Tanaman Semangka Menghasilkan Untung Tinggi

Tanaman Semangka dapat petani pada panen pada saat memasuki usia 60 sampai 70 hari setelah masa tanam. Namun tergantung dari varietas dan jenis bibit semangka yang petani gunakan pada saat akan melakukan budidaya tanaman.

Tanda tanaman semangka dapat petani panen adalah warna kulit buah sudah meredup dan sulur pada tangkai buah sudah kering. Petani dapat memanen dan memetik semangka beserta tangkainya dan sebaiknya petani lakukan saat cuaca cerah.

Dengan melakukan perawatan secara tepat dan sesuai maka peluang tanaman semangka menghasilkan buah besar cukup tinggi. Sehingga petani akan mendapat keuntungan dari budidaya tanaman semangka menjadi tinggi.

Toko Pertanian Belanja Tani (WA 08125222117) menyediakan beberapa macam benih semangka dan benih tanaman lainnya. Serta ada juga beberapa produk untuk membantu petani dalam melakukan kegiatan budidaya tanaman.

Produk yang terdapat pada Toko Pertanian Belanja Tani berkualitas terbaik, memiliki harga terjangkau, serta produksi pabrik ternama Indonesia. Yang tersedia pada website Toko Pertanian Belanja Tani dengan beberapa kategori.

Selain itu Toko Pertanian Belanja Tani juga menyediakan artikel yang dapat menjadi panduan petani pada saat melakukan kegiatan budidaya tanaman. Dengan mengikuti panduan yang tepat, petani dapat meningkatkan peluang pada saat melakukan budidaya tanaman.

Sekian penjelasan kami tentang artikel yang berjudul Cara Membuat Buah Semangka Besar Untuk Petani Mendapat Keuntungan Tinggi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu petani dalam melakukan kegiatan budidaya tanaman.

Terima Kasih.