Pemupukan Jagung Manis Pada Usaha Pertanian Hortikultura

Pemupukan Jagung Manis

Pemupukan jagung manis pada lahan penanaman saat budidaya sangat perlu petani lakukan agar tanaman terpenuhi nutrisinya.

Dengan nutrisi yang terpenuhi maka tanaman jagung manis akan dapat tumbuh dengan optimal dan produktif.

Tanaman jagung manis yang tumbuh dengan optimal dan produktif maka hasilnya juga akan maksimal dan menguntungkan petani.

Sebelum memberikan pupuk pada tanaman budidaya, sebaiknya petani mempelajari fungsi dari beberapa jenis pupuk terlebih dahulu.

Penting sekali bagi para petani untuk mengetahui jenis pupuk untuk tanaman budidaya agar bisa berhasil dalam usaha pertanian.

Pupuk

Pupuk adalah bahan atau material yang mengandung unsur hara yang dapat bermanfaat sebagai nutrisi pada tanaman.

Kandungan unsur hara pada pupuk terdapat satu jenis unsur hara atau lebih. Fungsi dari pemberian pupuk pada tanaman adalah sebagai nutrisi agar dapat memenuhi kebutuhan tanaman.

Tanaman yang terpenuhi kebutuhan nutrisinya akan dapat tumbuh dengan optimal dan produktif. Terdapat beberapa jenis pupuk berdasarkan senyawanya yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik. Jenis pupuk organik dan pupuk anorganik memiliki bahan baku pembuatan yang berbeda.

Pupuk Organik

Jenis pupuk organik merupakan pupuk yang mengandung senyawa organik. Pembuatan pupuk organik berasal dari proses alami.

Penggunaan pupuk organik ramah lingkungan karena bahan bakunya dari bahan yang alami dan tidak mencemari lingkungan.

Petani sering memanfaatkan pupuk organik sebagai pupuk pada lahan pertanian, perkebunan maupun pada lingkungan sekitar rumah. Pada lahan persawahan petani sering menggunakan pupuk organik sebagai pupuk dasar.

Bahan pembuatan pupuk organik terbuat dari dekomposisi sisa tanaman, pelapukan batang tanaman, daun tanaman, kotoran hewan dll.

Pupuk Anorganik

Jenis pupuk anorganik merupakan jenis pupuk yang terbuat dari unsur senyawa kimia. Pembuatan pupuk anorganik terdapat pada pabrik.

Masyarakat juga terkadang menyebut pupuk anorganik sebagai pupuk buatan atau pupuk kimia. Pupuk anorganik mudah larut dalam air dan terserap oleh tanaman.

Beberapa jenis pupuk anorganik yang biasa petani gunakan adalah pupuk urea, tsp, za, sp-36, kcl, zk, npk dll.

Kelebihan pupuk anorganik adalah mudah terserap oleh tanaman dan memiliki kadar unsur hara yang lumayan tinggi.

Penggunaan pupuk anorganik yang berlebihan dapat menjadikan tanah menjadi kering karena menyulitkan tanah untuk menyimpan air. Selain itu kualitas pH tanah dan suplai oksigen dalam tanah juga menurun.

Baca Juga : Jual Benih Jagung Manis Hibrida Secada F1 Tahan Penyakit Kresek

Pemupukan Jagung Manis Optimalkan Pertumbuhan Tanaman

pemupukan, jagung, manis, optimalkan, pertumbuhan, tanaman

Pemupukan jagung manis sebaiknya memperhatikan komposisi pupuknya. Tanaman jagung manis perlu unsur nitrogen dengan jumlah banyak tetapi juga harus imbang dengan kalium dan phosphat.

Pemberian pupuk lanjutan ini bisa petani berikan ketika tanaman jagung manis memiliki tinggi kurang lebih 30 cm. Sebaiknya petani memberikan pupuk NPK agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dari tanaman.

Berikan pupuk pada tanaman jagung manis dengan cara menaburkan pada bagian bawah tanaman dengan rata.

Dengan memberikan pupuk NPK ini tanaman jagung manis bisa terpenuhi nutrisinya dan bisa tumbuh dengan optimal.

Tanaman jagung manis yang tumbuh dengan optimal maka otomatis akan berhasil ketika panen. Hal ini dapat menguntungkan bagi para petani jagung manis.

Untuk mendapatkan pupuk pertanian petani bisa membelinya pada toko pertanian secara offline maupun online.

Toko Pertanian Online Belanja Tani jual pupuk pertanian berkualitas dengan harga murah dan siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia.

Pemanenan Jagung Manis

Panen jagung manis bisa petani lakukan ketika tanaman jagung manis memasuki umur 7 minggu dari fase berbunga tanaman jagung.

Tanaman jagung manis yang siap untuk panen biasanya memiliki ciri kulit pembungkusnya yang berwarna kuning.

Selain itu cara memastikan apakah sudah siap panen bisa dengan menekan biji jagung, apabila tidak berbekas maka jagung siap untuk pemanenan.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian Belanja Tani melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Pemupukan Jagung Manis Pada Usaha Pertanian Hortikultura.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!