Hama Jagung Buat Rugi Usaha Budidaya Jagung Petani. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online Belanja Tani siap bantu petani budidaya jagung menghasilkan panen jagung berkualitas. Toko Pertanian Online Belanja Tani jual benih jagung berkualitas dengan harga murah untuk petani.

Toko Pertanian Online Belanja Tani menyediakan segala sarana pertanian kualitas terbaik untuk kebutuhan usaha pertanian milik petani. Semua sarana pertanian yang tersedia di Toko Pertanian Online Belanja Tani memiliki harga terjangkau bagi petani sebagai pelaku usaha pertanian. Beberapa diantaranya adalah varietas benih tanaman, pupuk pertanian, pestisida hama, zat pengatur tumbuh, hingga alat pertanian.

Varietas benih tanaman yang tersedia di Toko Pertanian Online Belanja Tani memiliki jenis beragam seperti benih tanaman sayur dan buah. Selain itu, varietas benih tanaman yang tersedia merupakan produksi pabrik benih terkemuka dan berpengalaman dalam bidang pemuliaan tanaman. Diantaranya adalah BISI, East West Seed, Takii Seed, Known You Seed, dan lain-lain.

Toko Pertanian Online Belanja Tani juga membuka jasa konsultasi pertanian untuk membantu petani dalam mengatasi masalah dalam dunia pertanian. Beberapa diantaranya adalah proses pengolahan lahan pertanian, persemaian benih, perawatan tanaman, hingga pencegahan hama dan penyakit tanaman. Petani bisa menggunakan jasa konsultasi pertanian di Toko Pertanian Online Belanja Tani gratis tanpa harus dipungut biaya sedikitpun.

Hama jagung menjadi hambatan yang sangat merugikan bagi petani yang melakukan usaha budidaya jagung di lahan pertanian. Hama jagung mampu menyebabkan banyak kerugian bagi petani seperti serangan penyakit hingga potensi budidaya jagung gagal panen.

Budidaya tanaman menjadi peluang usaha pertanian yang memiliki banyak potensi untuk menghasilkan keuntungan melimpah, salah satunya adalah budidaya jagung. Budidaya jagung termasuk dalam salah satu usaha pertanian menguntungkan apabila hasil panennya sangat berkualitas. Namun terdapat satu ancaman nyata yang harus selalu diwaspadai oleh para petani saat melakukan budidaya jagung, yaitu hama jagung.

Jagung, Bahan Pangan Alternatif Banyak Manfaat

Beras merupakan jenis bahan makanan pokok Indonesia yang telah diketahui, bahkan menjadi bahan makanan pokok di berbagai belahan dunia. Namun, selain beras yang dihasilkan oleh budidaya tanaman padi juga terdapat beberapa jenis tanaman yang mampu menggantikan beras, salah satunya adalah jagung.

Jagung memiliki nama latin Zea mays adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat selain gandum dan padi. Jagung menjadi tanaman pangan pokok di beberapa lokasi seperti Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan sebagian wilayah Afrika dan Indonesia. Selain menjadi bahan pangan, jagung juga memiliki banyak manfaat lain seperti menjadi bahan baku tepung maizena dan minyak pangan.

Tanaman jagung dapat dengan mudah dikenali karena memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan tanaman pangan lainnya seperti padi maupun gandum. Ciri dari tanaman jagung yang paling dikenali petani dan masyarakat umum adalah buahnya yang berbentuk tongkol dengan banyak biji didalamnya.

Sedangkan ciri fisik dari tanaman jagung ini adalah memiliki tinggi pohon mencapai 2 sampai 2.5 meter dengan batang memiliki ruas. Daun tanaman jagung memiliki ciri-ciri panjang mencapai 1.2 meter dengan memiliki lebar daun kurang lebih 9 cm. Tanaman jagung memiliki akar serabut dan mampu menghasilkan 1 sampai 5 jagung per tanaman.

Tanaman jagung menjadi salah satu jenis bahan pangan unggulan di pasaran Indonesia karena mampu dimanfaatkan sebagai bahan baku beberapa masakan. Beberapa diantaranya mampu memberdayakan masyarakat menjadi mandiri dan membuka usaha makanan dengan memanfaatkan jagung. Beberapa sajian masakan dari bahan baku jagung diantaranya adalah nasi jagung, perkedel jagung, hingga sajian jagung bakar aneka rasa.

Hal ini membuktikan bahwa jagung sebagai salah satu jenis tanaman yang banyak menghasilkan manfaat bagi para petani dan masyarakat. Sehingga budidaya jagung menjadi salah satu jenis usaha pertanian yang dinilai mampu mencukupi kebutuhan jagung di pasaran.

Baca Juga : Sukses Menanam Jagung Manis

Peluang Usaha Budidaya Jagung Menguntungkan

budidaya jagung,jagung,jagung manis,benih jagung,petani,pertanian,belanja tani

Jagung menjadi salah satu jenis komoditas pangan unggulan di pasaran yang memiliki banyak peminat dari segala kalangan. Hal ini dikarenakan komoditas jagung bisa dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan beberapa produk makanan populer di masyarakat umum. Oleh karena itu para petani sebagai pelaku usaha pertanian melihat peluang usaha yang menguntungkan dari budidaya jagung.

Tanaman jagung dapat dibudidayakan oleh petani pada daerah yang mendukung pertumbuhannya hingga mencapai masa panen. Daerah yang cocok digunakan sebagai tempat budidaya jagung adalah daerah dataran rendah sampai daerah pegunungan dengan ketinggian 1000-1800 mdpl.

Peluang usaha budidaya jagung memiliki potensi lebih menguntungkan apabila menggunakan benih jagung unggulan seperti benih jagung hibrida. Benih jagung hibrida bisa didapatkan dengan mudah oleh petani dengan membeli di toko pertanian terdekat maupun toko pertanian online.

Pemilihan benih jagung hibrida dianggap tepat karena memiliki banyak keunggulan ketika dibudidayakan oleh petani di lahan pertanian. Beberapa keunggulan dari benih jagung hibrida diantaranya adalah memiliki pertumbuhan tanaman yang kokoh dan tahan terhadap serangan hama jagung.

Agar menghasilkan panen jagung yang berkualitas, petani juga perlu melakukan beberapa perawatan pada usaha budidaya tanaman jagung. Perawatan ini berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman jagung di lahan pertanian. Beberapa perawatan pada budidaya jagung diantaranya adalah melakukan pemupukan, pengairan atau irigasi, hingga pencegahan hama jagung.

Masa panen jagung bisa dilakukan petani ketika tanaman jagung sudah memiliki umur cukup dan tergantung varietas benih jagung yang dibudidayakan. Hal ini dikarenakan setiap varietas benih jagung memiliki umur panen yang berbeda-beda. Hasil panen jagung yang memiliki kualitas baik akan menguntungkan petani sebagai pelaku usaha pertanian dan masyarakat sebagai konsumen.

Toko Pertanian Online Belanja Tani jual benih jagung kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani. Belanja Tani siap kirim benih jagung pesanan konsumen ke seluruh wilayah Indonesia dengan jasa ekspedisi terpercaya.

Baca Juga : Jagung Manis F1 Jadi Peluang Usaha Petani Sayuran

Hama Jagung Ancaman Nyata Petani Jagung

Budidaya jagung telah dikenal sebagai salah satu jenis usaha pertanian yang mampu menghasilkan banyak keuntungan bagi semua pihak. Pihak-pihak tersebut diantaranya adalah petani sebagai pembudidaya, pedagang sebagai perantara, dan masyarakat sebagai konsumen. Sehingga usaha budidaya jagung menjadi penting bagi kebutuhan sehari-hari sebagai penghasil bahan komoditas pangan unggulan di pasaran.

Oleh karena itu, para petani sebagai pelaku usaha budidaya jagung perlu melakukan setiap perawatan guna menjaga pertumbuhan tanaman jagung. Hal ini dibutuhkan karena terdapat ancaman yang setiap hari selalu mengintai dan memiliki berpotensi merugikan bagi petani, yaitu hama jagung.

Hama jagung merupakan sebutan bagi organisme-organisme yang termasuk dalam hama tanaman pengganggu budidaya jagung di lahan pertanian. Hama tanaman ini juga memiliki jenis beragam dan menghasilkan kerusakan pada tanaman jagung yang sedang dibudidayakan oleh petani.

Selain memberikan kerusakan pada tanaman jagung, hama jagung juga memiliki potensi untuk memberikan penyakit pada tanaman jagung. Tanaman jagung yang berpenyakit juga memiliki potensi lebih mengerikan, yaitu menularkannya pada tanaman jagung lainnya. Apabila tidak ditanggulangi secara cepat dan efektif oleh petani maka dapat menimbulkan banyak kerugian bagi petani seperti gagal panen.

Melihat potensi kerugian yang besar dari serangan hama jagung membuat petani harus bertindak cepat dalam langkah pencegahannya. Salah satu cara mencegah serangan hama pada budidaya tanaman jagung adalah melakukan pemilihan benih jagung yang memiliki ketahanan hama. Selain itu, langkah pencegahan hama juga bisa menggunakan pestisida kimia sesuai dosis yang dianjurkan dan tidak berlebihan.

Toko Pertanian Online Belanja Tani menyediakan dan jual jenis pestisida lengkap kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani. Jenis pestisida yang tersedia di Toko Pertanian Online Belanja Tani diantaranya adalah insektisida, fungisida, herbisida, rodentisida, dan lain-lain.

Baca Juga : Hama Tanaman Membuat Keuntungan Petani Menurun

Jenis Hama Jagung dan Cara Pencegahannya

hama jagung,budidaya jagung,benih jagung,jagung,jagung manis,pertanian,belanja tani

Hama jagung menjadi salah satu penyebab kerugian yang dialami oleh para petani dalam usaha budidaya jagung di lahan pertanian. Sehingga petani sebagai pelaku usaha pertanian perlu melakukan tindakan pencegahan hama yang tepat dan efektif. Oleh karena itu, petani harus mengetahui secara detil dan rinci mengenai jenis-jenis hama yang kerap menyerang tanaman jagung.

Hama jagung terdiri dari beberapa organisme yang berbeda dan menghasilkan kerusakan berbeda pula pada tanaman jagung. Dibawah ini terdapat beberapa jenis hama jagung serta cara pencegahannya pada usaha budidaya jagung.

Ulat Tanah

Hama jagung pertama yang sering menyerang usaha budidaya tanaman jagung di lahan pertanian adalah ulat tanah (Agrotis sp.). Ulat tanah menjadi hama tanaman jagung dikarenakan sering menyerang tanaman jagung muda khususnya pada bagian batang jagung pada malam hari. Serangan ulat tanah pada tanaman jagung muda mengakibatkan batang tanaman menjadi terpotong, sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman jagung.

Pencegahan hama ulat tanah dapat dilakukan oleh petani saat proses pengolahan lahan pertanian untuk usaha budidaya jagung. Caranya adalah menggali tanah dengan cukup dalam, apabila ditemukan larva ulat bisa dimatikan, sehingga lahan bisa bebas dari ulat tanah.

Selain melakukan pencegahan pada saat pengolahan lahan budidaya, hama jagung seperti ulat tanah juga bisa dibasmi pada saat budidaya. Caranya adalah tetap menjaga lahan pertanian bersih dari rumput liar atau tanaman gulma karena berpotensi menjadi sarang bagi ulat tanah.

Cara pencegahan hama jagung ulat tanah yang terakhir adalah menggunakan pestisida jenis insektisida dengan dosis yang tepat dan tidak berlebihan. Sehingga hama ulat tanah bisa dicegah dan lingkungan lahan pertanian tetap aman untuk pertumbuhan tanaman jagung hingga masa panen tiba.

Belalang

Belalang menjadi hama jagung selanjutnya yang meresahkan bagi petani dalam usaha budidaya tanaman jagung di lahan pertanian. Jenis belalang yang biasa menyerang tanaman jagung pada usaha budidaya jagung diantaranya adalah Locusta sp. dan Oxya chinensis.

Hama belalang sering menyerang tanaman jagung yang masih muda dengan cara memakan tunas yang baru tumbuh. Hal ini menyebabkan pertumbuhan tanaman jagung menjadi terganggu dan terhambat, sehingga sangat meresahkan bagi petani sebagai pelaku usaha pertanian.

Kerusakan yang ditimbulkan oleh hama jagung satu ini tergantung pada jumlah organismenya, hal ini dikarenakan hama belalang termasuk hama migran. Sehingga, potensi kerusakan pada area budidaya jagung bisa semakin besar apabila jumlah dari belalang yang menyerang semakin banyak.

Pencegahan hama jagung seperti belalang ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan pestisida alami atau pestisida organik. Penggunaan pestisida organik ini memberikan dampak cukup besar bagi belalang, karena menurunkan nafsu makan belalang dan bertindak sebagai racun.

Selain menggunakan pestisida organik, penggunaan pestisida kimia jenis insektisida juga bisa dilakukan oleh petani sebagai pelaku usaha pertanian. Namun, penggunaan dari insektisida terhadap hama jagung harus dilakukan sesuai dosis yang disarankan.

Kutu Daun

Budidaya jagung di lahan pertanian juga mendapat ancaman serius dari salah satu hama jagung yang sangat berbahaya, yaitu kutu daun. Kutu daun merupakan jenis serangga yang memiliki tubuh cukup kecil dan sering menyerang tanaman jagung yang sedang dibudidayakan oleh petani.

Pola penyerangan kutu daun sebagai hama jagung dapat diidentifikasi dari daun tanaman jagung yang menguning serta menggulung. Selain itu, serangan dari hama jagung ini juga memiliki dampak berantai yang merugikan bagi tanaman jagung. Hal ini dikarenakan kutu daun menjadi salah satu serangga yang mampu menularkan virus mosaik pada tanaman jagung.

Cara pencegahan kutu daun sebagai salah satu hama jagung dapat dilakukan oleh petani menggunakan insektisida sesuai dosis yang dianjurkan. Produk insektisida bisa dengan mudah ditemukan dan dibeli oleh petani di toko pertanian terdekat atau di toko pertanian online.

Baca Juga : Pengalaman Bertani Kunci Sukses Usaha Budidaya Tanaman

Pestisida Untuk Jagung Jadi Solusi Terakhir Petani

Serangan hama jagung menjadi ancaman nyata bagi petani yang memiliki usaha budidaya jagung di lahan pertanian. Sehingga diperlukan pencegahan serta pembasmian terhadap hama jagung yang sangat meresahkan bagi petani sebagai pelaku usaha pertanian.

Langkah awal petani dalam mencegah serangan hama jagung pada budidaya jagung dapat dilakukan dengan cara memilih benih jagung tahan hama. Varietas benih jagung tahan hama bisa menjadi pilihan petani karena memiliki keunggulan tahan terhadap beberapa serangan hama tanaman yang merugikan.

Petani juga bisa melakukan langkah pencegahan terhadap serangan hama jagung dengan cara selalu menjaga kebersihan lahan pertanian. Lahan pertanian yang bersih dari tanaman liar, seperti tanaman gulma dan rumput liar memiliki persentase serangan hama yang cukup rendah. Hal ini dikarenakan jenis-jenis tanaman liar berpotensi menjadi sarang yang nyaman bagi beberapa hama jagung.

Apabila semua cara tersebut sudah dilakukan dan tetap terdapat hama jagung pada budidaya jagung, maka petani bisa menggunakan pestisida. Pestisida merupakan cara ampuh terakhir yang bisa dimanfaatkan petani untuk mencegah dan membasmi hama jagung yang sangat merugikan.

Penggunaan pestisida pada budidaya jagung juga harus sesuai dosis yang dianjurkan pada setiap kemasan pestisida. Hal ini bertujuan agar tanaman jagung bisa terlindungi serta tidak mencemari lingkungan di sekitar lahan pertanian. Selain itu penggunaan pestisida yang berlebihan juga berpotensi menghasilkan hama turunan yang memiliki sifat tahan terhadap pestisida.

Kesimpulannya adalah menggunakan pestisida pada budidaya jagung dapat dilakukan sebagai langkah terakhir yang ditempuh petani. Selain itu, penggunaan pestisida harus sesuai dosis yang berlaku agar tidak menimbulkan dampak merugikan bagi lingkungan lahan pertanian.

Baca Juga : Pestisida Cegah dan Musnahkan Hama Budidaya Tanaman

Belanja Tani Jual Pestisida Berkualitas Harga Murah

Hama jagung menjadi salah satu masalah dalam usaha budidaya tanaman jagung di lahan pertanian yang dihadapi oleh petani. Sehingga diperlukan cara pencegahan dan pembasmian yang tepat bagi hama tanaman pada usaha budidaya jagung di lahan pertanian. Salah satu cara untuk mencegah dan membasmi hama jagung pada usaha budidaya jagung adalah penggunaan pestisida dengan dosis tepat.

Produk pestisida bisa diperoleh petani dan pelaku usaha pertanian dengan mengunjungi toko pertanian terdekat atau toko pertanian online. Salah satu toko pertanian online yang menyediakan produk pestisida lengkap untuk petani adalah Toko Pertanian Online Belanja Tani.

Toko Pertanian Online Belanja Tani menyediakan produk pestisida lengkap untuk kebutuhan petani dalam membasmi hama pada usaha budidaya tanaman. Beberapa jenis pestisida diantaranya adalah insektisida, fungisida, herbisida, rodentisida, dan lain-lain. Selain itu, Toko Pertanian Online Belanja Tani jual benih jagung kualitas terbaik dengan harga murah untuk kebutuhan usaha petani.

Baca Juga : Peluang Usaha Baru Pertanian Era Digital Menguntungkan

Demikian artikel tentang Hama Jagung Buat Rugi Usaha Budidaya Jagung Petani. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online Belanja Tani sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online Belanja Tani memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang Hama Jagung ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.