Fungisida Untuk Tomat Di Musim Hujan Ampuh Cegah Antraknosa

Curah Hujan Tinggi Merugikan Sektor Pertanian

Curah hujan merupakan salah satu penyebab dari gagalnya panen dari usaha sektor pertanian. Sehingga banyak petani yang kebingungan ketika curah hujan pada sekitar sektor pertanian nya tinggi.

Namun petani sayur juga tidak dapat mengendalikan hujan sesuka hati dan hanya bisa melakukan pencegahan kecil untuk mengatasinya. Seperti Fungisida Untuk Tomat Di Musim Hujan bantu petani dalam melindungi tanaman pertanian.

Ketika curah Hujan sekitar lahan pertanian meningkat hal tersebut dapat membahayakan kesehatan tanaman pertanian. Kelembaban pada sekitar lahan pertanian dapat meningkat yang berpotensi tumbuh hama jamur.

Jika Lahan Pertanian sering kali terguyur air hujan terus – menerus, maka dapat menyebabkan banjir pada lahan pertanian. Salah satu solusi untuk mencegah banjir lahan pertanian ini adalah sistem irigasi yang baik.

Aliran air yang mengalir dapat lebih lancar dan tidak berkumpul pada suatu titik tertentu yang menyebabkan banjir pada lahan pertanian. Daya tahan tanaman jika musim hujan dapat menurun karena berbagai faktor yang mempengaruhinya.

Jika curah hujan tinggi dapat menyebabkan peningkatan pertumbuhan jamur pada tanaman pertanian. Pertumbuhan jamur yang meningkat dapat menyebabkan potensi tanaman terserang penyakit dan virus sangat tinggi.

Petani harus menggunakan Fungisida Untuk Tomat Di Musim Hujan agar tanaman bebas dari serangan jamur tersebut . Karena jamur menghambat segala pertumbuhan dan produktivitas tanaman pertanian.

Selain itu pengaruh curah hujan tinggi adalah kelangkaan produk hasil panen yang petani keluhkan dan merugi. Pada beberapa kasus curah hujan tinggi sehingga gagal panen lah penyebab harga dari produk pertanian tinggi.

Selain itu yang berbahaya ketika musim hujan dan intensitasnya tinggi yang bersamaan dengan badai, dapat menyebabkan tanaman rusak. Kerusakan akibat hujan badai adalah yang berpotensi merusak tanaman dengan persentase 100%.

Pencegahan yang dapat petani sayur gunakan adalah dengan mempersiapkan tanaman dengan benih terbaik tahan hujan. Sebagai perlindungan tanaman terhadap jamur petani dapat menggunakan Fungisida Untuk Tomat Di Musim Hujan.

Munculnya Jamur pada Budidaya Tomat Saat Musim Hujan Tinggi

Fungisida Untuk Tomat Di Musim Hujan ,Pertanian,Tanaman Tomat,Fungisida,Antraknosa

Menyediakan Fungisida Tomat Musim Hujan Harga Murah Kualitas Terbaik Belanja Tani

Pada musim hujan yang tinggi penyakit dapat menyerang berbagai jenis tanaman, sehingga petani harus jeli dalam melakukan pengecekan. Pada budidaya tanaman sistem irigasi akan sangat penting ketika memasuki musim penghujan.

Karena jika sistem irigasi masih buruk dapat menjadi kerugian bagi petani dalam melakukan budidaya tanaman pertanian. Selain itu jarak tanaman yang terlalu berdekatan juga buruk untuk sirkulasi udara sekitar lahan pertanian.

Seperti ketika melakukan Budidaya Tanaman Tomat, petani harus melakukan persiapan lahan dengan baik dan benar. Memilih benih Tomat terbaik yang sehat, nantinya jika benih tanaman memiliki kualitas terbaik maka hasil buah pun juga berkualitas.

Selain itu pupuk pertanian juga berpengaruh pada pertumbuhan tanaman tomat, sehingga kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi. Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman pertanian harus memperhatikan fase pertumbuhan dan umur tanaman.

Namun penggunaan dosis Pupuk pertanian harus sesuai dengan jenis tanaman dan umur tanaman. Sehingga tanaman tidak terlalu banyak mengkonsumsi pupuk pertanian yang dapat mengakibatkan pertumbuhan gulma menjadi tinggi.

Setelah itu petani dapat menggunakan Fungisida Untuk Tomat Di Musim Hujan agar terlindung dari jamur dan penyakit tanaman pertanian. Namun Penggunaan fungisida harus sesuai dosis cara pemakaian yang tepat dan tidak berlebihan.

Namun pemakaian Fungisida Untuk Tomat Di Musim Hujan juga dapat petani tomat kombinasikan dengan perekat pestisida musim hujan. Sehingga daya lekat pada tanaman akan lebih kuat dan jika terguyur hujan deras fungisida tetap melekat dengan sempurna.

Berikut salah satu penyakit akibat jamur yang menyerang tanaman tomat :

Antraknosa Pada Budidaya Tanaman Tomat

Curah hujan yang sangat tinggi akan menimbulkan dampak negatif pada lahan pertanian seperti penyakit tanaman. Hal ini biasanya bersumber dari sistem irigasi yang buruk yang tidak dapat menyerap dan mengalirkan air dengan baik.

Sehingga jika air yang tidak dapat mengalir dengan baik pada lahan pertanian akan membentuk kubangan. Kubangan tersebut berpengaruh pada kelembaban udara  yang terlalu lembab, sehingga pertumbuhan jamur akan lebih cepat.

Penyebab penyakit antraknosa adalah Jamur Colletotrichum sp. yang tumbuh pada kelembaban 80 – 90 % pada lahan pertanian. Sehingga jika lahan pertanian membentuk kubangan, petani harus berhati – hati dan selalu melakukan pengecekan.

Pada Suhu 24 – 30 ⁰C  Jamur Colletotrichum sp. lebih mudah untuk tumbuh pada lahan pertanian.  Penyakit Antraknosa menyerang seluruh bagian tubuh dari tanaman, sehingga akan menghambat pertumbuhan tanaman.

Namun Gejala Penyakit Antraknosa yang sering terlihat adalah busuknya buah dan mampu menyebabkan gagal panen sampai 90 %. Hal ini sering terjadi pada tanaman tomat dan cabe, sehingga banyak dari petani menggunakan Fungisida Untuk Tomat Di Musim Hujan.

Gejala awal penyakit antraknosa pada tanaman tomat adalah memiliki Bintik hitam pada buahnya. Ketika gejala antraknosa tidak petani segera tangani, maka buah akan terlihat lembek mengkerut lalu busuk dan buah akan langsung jatuh.

Cara Pencegahan Penyakit antraknosa pada tomat dapat menggunakan Fungisida Untuk Tomat Di Musim Hujan. Selain itu menerapkan jarak tanam yang tidak terlalu rapat dapat mencegah kelembaban yang berlebihan pada lahan pertanian.

Selain itu memperbaiki sistem Irigasi yang baik adalah hal yang cukup penting agar aliran air jika musim hujan datang lebih terorganisir. Sehingga Tomat dapat tumbuh dengan sehat dan hasil panen mendapatkan kualitas terbaik.

Baca Juga : Macam – Macam Fungisida Pada Usaha Pertanian

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!