Budidaya Gambas Peluang Usaha Tanaman Hortikultura

Budidaya Gambas, Peluang Usaha Tanaman Hortikultura. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online Belanja Tani siap bantu petani dan pelaku usaha pertanian dalam usaha budidaya tanaman. Belanja Tani merupakan Toko Pertanian Online yang menjual benih tanaman dan pestisida kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani.

Selain itu Toko Pertanian Online Belanja Tani juga menyediakan segala sarana pertanian kualitas terbaik untuk usaha budidaya tanaman pada lahan pertanian. Semua sarana pertanian pada Toko Pertanian Online Belanja Tani memiliki harga murah dan terjangkau bagi petani dan pelaku usaha pertanian. Beberapa sarana pertanian yang tersedia di Belanja Tani diantaranya adalah benih tanaman, pupuk, pestisida, zpt, dan alat pertanian.

Varietas benih tanaman yang tersedia pada Toko Pertanian Online Belanja Tani dijamin memiliki kualitas terbaik karena diproduksi pabrik benih berpengalaman. Diantaranya adalah BISI, East West Seed, Known You Seed, Takii Seed, dan lain-lain.

Toko Pertanian Online Belanja Tani juga menghadirkan jasa konsultasi pertanian untuk membantu petani dalam mengelola budidaya tanaman. Petani bisa berkonsultasi segala masalah dalam usaha budidaya tanaman seperti cara pengolahan lahan pertanian hingga cara mencegah serangan hama. Selain itu, petani dan pelaku usaha pertanian bisa menggunakan jasa konsultasi pertanian secara gratis tanpa dipungut biaya.

Gambas merupakan salah satu jenis bahan pangan yang menyehatkan. Masyarakat sering mengolah gambas menjadi beberapa jenis olahan masakan seperti sayur bening. Tanaman gambas mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan. Oyong merupakan sebutan lain dari tanaman gambas.

Petani membudidayakan gambas untuk memenuhi kebutuhan pasar tanaman gambas. Tetapi masih sedikit petani yang melakukan usaha budidaya gambas. Hal ini membuat harga jualnya lebih tinggi dan stabil karena stoknya yang sedikit.

Tanaman Gambas

Gambas memiliki nama latin Luffa acutangula. Oyong atau gambas masih termasuk ke dalam keluarga suku labu – Labuan. Ciri khas dari gambas adalah buah memiliki warna hijau dengan kulit yang kasar.
Masyarakat sering memanfaatkan gambas sebagai bahan olahan sayur bening. Sayur gambas mengandung beberapa vitamin dan mineral yang baik untuk membantu menutrisi tubuh agar tetap terjaga kesehatannya.

Dengan mengkonsumsi gambas maka beberapa kebutuhan vitamin dan mineral akan terpenuhi dan tubuh akan menjadi sehat. Untuk memenuhi kebutuhan gambas, petani melakukan usaha budidaya tanaman gambas pada lahan pertanian.

Usaha budidaya gambas ini masih sedikit petani yang melakukannya. Sehingga harga gambas bisa terbilang lumayan tinggi karena jumlah ketersediannya yang sedikit. Hal ini bisa menjadi peluang usaha budidaya tanaman gambas yang menguntungkan.

Baca Juga : Jual Benih Oyong Anggun Tavi F1 Tahan Layu Bakteri dan Jamur Harga Murah

Budidaya Gambas Pada Lahan Pertanian Sebagai Peluang Bisnis Menguntungkan

budidaya,gambas,lahan,pertanian,peluang,bisnis,menguntungkan

Sedikitnya jumlah petani gambas bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang menguntungkan. Budidaya gambas pada lahan pertanian bisa menjadi peluang bisnis pertanian yang menguntungkan. Mengingat gambas juga merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki nilai gizi yang baik.

Kandungan gizi pada tanaman gambas ini sangat masyarakat butuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Sayur bening merupakan salah satu olahan makanan yang terdapat sayuran gambasnya.

Untuk melakukan budidaya gambas pada lahan pertanian, petani perlu memperhatikan beberapa hal agar nantinya bisa berhasil dalam usaha budidaya tanaman gambas. Keberhasilan budidaya gambas sangat menguntungkan bagi para petani.

Hasil dari panen budidaya tanaman gambas bisa petani jual pada pedagang sayuran. Dengan demikian petani juga bisa memenuhi kebutuhan gambas dan juga mendapat keuntungan dari penjualan gambas pada pedagang sayur.

Cara Menanam Gambas

Cara menanam gambas yang tepat harus petani lakukan agar nantinya bisa berhasil dalam usaha budidaya gambas. Dengan cara penanaman gambas yang tepat, petani bisa panen gambas atau oyong dan bisa menjual hasil panen pada pedagang sayur.

Untuk membudidayakan tanaman gambas, petani harus memiliki lahan yang memiliki ketersediaan air yang cukup. Selain itu suhu daerah penanaman kurang lebih 18 sampai 25 derajat celcius.

Tingkat keasaman tanah penanaman gambas sebaiknya 5,5 – 6,8 , apabila tanah penanaman memiliki pH terlalu asam petani bisa menambahkan dahulu dolomit pada lahan penanaman agar tanah tidak terlalu asam.

Pemilihan Benih Gambas

Sebelum melakukan budidaya tanaman gambas petani perlu memilih benih gambas. Benih gambas yang tahan virus dan penyakit sangat petani butuhkan agar dapat berhasil dalam usaha budidaya tanaman gambas.

Dengan benih gambas yang tahan virus dan penyakit ini, akan menumbuhkan tanaman gambas yang berkualitas dan tahan serangan virus maupun bakteri yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit pada tanaman gambas.

Toko Pertanian Belanja Tani jual benih gambas berkualitas dengan harga murah dan siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia.

Penyemaian Benih Tanaman

Setelah mendapatkan benih tanaman gambas, proses selanjutnya adalah menyemai benih tanaman gambas. Media penyemaian bisa dengan menggunakan polybag yang berisi campuran tanah dan pupuk kandang.

Beri lubang pada bagian tengah media penyemaian dan masukkan benih gambas kedalamnya lalu tutup dengan tanah kembali. Lalu jangan lupa beri sedikit air dan tunggu hingga bibit tumbuh dengan ciri memiliki daun 3 – 5 helai.

Pengolahan Lahan Pertanian

Sambil menunggu proses persemaian petani bisa menyiapkan lahan pertanian terlebih dahulu. Pengolahan lahan pertanian dengan menggemburkan tanah penanaman menggunakan bajak maupun cangkul.

Setelah proses penggemburan tanah selesai, proses selanjutnya adalah pembautan bedengan. Buat bedengan dengan ukuran tinggi 30 cm, lebar 2 meter, panjang menyesuaikan lahan yang petani miliki dan jarak satu bedengan dengan bedengan lain 60 cm.

Buat lubang tanam dengan ukuran 200 x 60 cm dan beri pupuk pada lubang. Petani bisa menggunakan pupuk kandang. Dosis pupuk kandang tiap lubang 1 kg.

Pindah Tanam Bibit Gambas

Setelah bibit mulai tumbuh beberapa helai daun, bibit siap untuk pindah tanam ke lahan penanaman. Masukkan bibit pada lubang penanaman pada bedengan yang telah tersedia pada lahan penanaman. Lakukan pemindahan dengan berhati – hati agar tidak merusak akar tanaman gambas.

Penyiraman Tanaman Gambas

Tanaman gambas merupakan jenis tanaman yang harus tercukupi kebutuhan airnya. Dalam budidaya gambas sebaiknya menjaga kelembaban dari lahan penanaman dan menjaganya agar tidak kekurangan air.

Pemupukan Lanjutan

Lakukan pemupukan susulan pada saat memasuki umur 10 hari setelah tanam dan selanjutnya seminggu sekali. Petani bisa menggunakan pupuk NPK 16 – 16 – 16. Pemberian bisa dengan cara mengocorkan pada tanaman.

Pemasangan Ajir

Fungsi dari pemasangan ajir ini adalah sebagai tempat rambatan dari tanaman gambas. Ajir bisa terbuat dari bamboo maupun kayu. Pemasangannya dengan cara menancapkannya pada bedengan dan mengikat tanaman gambas pada ajir. Pengikatan sebaiknya tidak terlalu erat agar tidak merusak batang tanaman gambas. Pemasangan ajir ini bisa petani lakukan saat tanaman gambas memasuki umur 15 hari setelah tanam.

Pengendalian Gulma

Apabila terdapat gulma yang tumbuh pada sekitar area penanaman segera bersihkan. Gulma dapat merugikan tanaman gambas dengan cara menyerap nutrisi dalam lahan penanaman. Pembasmian bisa dengan cara mencabutnya dan membersihkannya maupun dengan menggunakan herbisida.

Pengendalian Hama Penyakit

Hama yang menyerang tanaman gambas dapat mengakibatkan kerusakan pada tanaman gambas. Selain merusak tanaman, terkadang hama juga membawa bibit penyakit dari satu tanaman ke tanaman lain yang dapat menyebar.

Untuk membasmi serangan hama yang mengganggu tanaman gambas petani bisa menggunakan pestisida. Pemberian pestisida bisa dengan menyemprotkan. Dalam pemberian pestisida ini sebaiknya tidak berlebihan agar tidak mencemari lingkungan dan membuat hama menjadi resisten.

Pemanenan Gambas

Tanaman gambas siap untuk pemanenan ketika memasuki umur 40 – 70 hari setelah tanam. Gambas yang sudah siap panen memiliki ciri kulit yang belum mengkilat dan masih lunak, buahnya masih berwarna hijau segar, mudah patah dan masih belum berserat.

Kandungan Gizi Gambas

Gambas mengandung vitamin dan mineral yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan terpenuhinya nutrisi maka tubuh akan mejadi sehat. Berikut ini adalah beberapa kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam gambas :

– Vitmin A, B1, B2, B5, B6, C
– Protein
– Karbohidrat
– Serat
– Potassium
– Kalium
– Kalsium
– Beta Karoten
– Magnesium
– Tembaga
– Besi
– Fosfor
– Mangan

Manfaat Gambas Bagi Kesehatan

Beberapa kandungan mineral dan vitamin dalam gambas dapat bermanfaat untuk kesehatan. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam gambas ini sangat membantu untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh. Berikut adalah manfaat gambas bagi kesehatan :

Menyehatkan Jantung

Gambas mengandung vitamin B5 yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung. Vitamin B5 yang terdapat dalam gambas sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C dalam gambas dapat membantu untuk menajaga kesehatan kulit agar tidak kering. Vitamin C yang terkandung dalam gambas juga dapat membantu untuk memperlambat proses penuaan kulit.

Menyehatkan Mata

Vitamin A yang terkandung dalam gambas dapat mencegah degenerasi macula yang dapat menjadi penyebab kebutaan. Kandungan vitamin A ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Mencegah Anemia

Kandungan vitamin B6, zat besi dalam gambas dapat membantu untuk memproduksi sel darah merah. Dengan mengkonsumsi gambas maka tubuh akan terhindar dari kekurangan darah atau anemia.

Menjaga Kesehatan Otak

Zat besi yang terkandung dalam gambas dapat bermanfaat untuk menjaga fungsi dari otak. Jika kekurangan zat besi maka otak akan kesulitan menerima oksigen dan dapat menurunkan produktivitas dari otak.

Mencegah Diabetes

Gambas mengandung mineral mangan yang dapat membantu memproduksi enzim penceraan yang kemudian berfungsi untuk membantu proses gluconeogenesis pada tubuh.

Membantu Proses Penyembuhan Luka

Kandungan vitamin C yang terkandung dalam gambas dapat membantu memproduksi protein agar dapat membangun pembuluh darah, ligamen, kulit dan otot.

Melancarkan Pencernaan

Gambas mengandung serat yang sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Dengan sistem pencernaan yang lancar tubuh akan menjadi lebih sehat.

Baca Juga : Jual Benih Oyong Esenza Plus F1 Berkualitas Antivirus Harga Murah

Budidaya Gambas Usaha Kecil Menguntungkan Petani Sukses

budidaya,gambas,usaha,kecil,menguntungkan,petani,sukses

Budidaya gambas bisa menjadi peluang usaha kecil yang menguntungkan bagi petani. Hal ini karena memang masih belum terlalu banyak petani yang melakukan usaha budidaya gambas. Dengan demikian maka harga gambas juga masih lumayan bagus.

Petani biasanya membudidayakan gambas pada lahan pertanian. Selain pada lahan pertanian petani bisa membudidayakannya pada kebun yang tidak terlalu luas. Usaha budidaya gambas masih bisa menjadi sebuah peluang bisnis menguntungkan.

Peluang bisnis budidaya gambas terbuka bagi para petani yang akan mencoba untuk membudidayakan gambas. Gambas merupakan tanaman sayuran yang mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan.

Oyong atau gambas menjadi salah satu bahan makanan yang juga mulai banyak peminatnya. Masyarakat berminat mengkonsumsi gambas karena kandungan nutrisinya yang dapat menyehatkan tubuh.

Beberapa masyarakat juga percaya dengan mengkonsumsi gambas maka bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, mengkonsumsi gambas juga dapat bermanfaat untuk menyembuhkan radang usus dan asma.

Sayur gambas juga dapat meningkatkan air susu ibu dan juga bisa berguna mencegah pilek, nyeri otot, membuat normal siklus menstruasi dan juga meredakan radang sendi.

Budidaya Gambas Dalam Pot

Tidak hanya pada lahan pertanian yang luas, budidaya gambas bisa juga dengan memanfaatkan lahan sekitar rumah. Dengan memanfaatkan pot, masyarakat bisa melakukan budidaya tanaman gambas dengan mudah.

Budidaya gambas dalam pot dapat bermanfaat untuk bahan makanan yang menyehatkan dan mudah untuk mendapatkannya. Sebelum melakukan budidaya gambas dalam pot, masyarakat perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan seperti berikut :

– Pot atau polybag
– Tanah
– Pupuk kandang
– Benih gambas

Persiapan Media Tanam

Masyarakat bisa menggunakan pot atau polybag dengan ukuran diameter 25 cm dan tinggi 30 cm. Proses selanjutnya adalah mencampur tanah dengan pupuk kandang hingga merata. Selanjutnya masukkan campuran tanah dan pupuk kandang ke dalam pot atau polybag.

Benih Gambas

Benih merupakan cikal bakal dari tanaman. Oleh karena itu sebelum melakukan budidaya masyarakat sebaiknya membeli benih gambas terlebih dahulu. Masyarakat bisa membeli benih gambas pada toko pertanian.

Toko Pertanian Online Belanja Tani jual benih gambas berkualitas dengan harga murah dan siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia.

Selain membeli benih gambas, masyarakat juga bisa mendapatkan benih gambas dari gambas yang sudah tua dan kering dengan cara mengambil bijinya.

Penanaman Benih Gambas

Jika sudah mendapatkan benih gambas, selanjutnya adalah proses penanaman. Buat lubang pada media penanaman dan masukkan biji atau benih gambas ke dalamnya lalu tutup dengan tanah kembali. Siram dengan sedikit air agar benih bisa tumbuh dengan baik. Letakkan media tanam pada tempat yang terkena sinar matahari agar memudahkan proses fotosintesis dari tanaman gambas.

Penyiraman Tanaman Gambas

Penyiraman bisa masyarakat lakukan dua kali sehari yaitu ketika sore dan juga pagi hari. Tanaman gambas memerlukan asupan air yang harus tercukupi agar bisa tumbuh dengan baik.

Pemupukan Lanjutan

Pemupukan lanjutan bisa petani lakukan saat tanaman gambas memasuki umur 10 hari setelah tanam. Masyarakat bisa menggunakan pupuk NPK ketika melakukan pemupukan susulan.

Pengendalian Gulma

Jika terdapat gulma yang tumbuh pada pot penanaman segera bersihkan. Gulma yang tumbuh dalam pot tanaman gambas dapat menyerap nutrisi yang seharusnya untuk tanaman gambas.

Pemasangan Ajir

Ketika tanaman gambas memasuki umur 15 hari setelah tanam. Proses selanjutnya adalah pemasangan ajir. Pemasangan ajir ini bertujuan sebagai tempat menjalar dari tanaman gambas.

Pemanenan Gambas

Tanaman gambas yang memasuki umur 45 – 70 setelah tanam maka siap untuk pemanenan. Gambas yang siap panen biasanya memiliki ciri ukuran yang sudah maksimal, kulit yang belum mengkilat dan masih lunak, buahnya masih berwarna hijau segar, mudah patah dan masih belum berserat.

Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi Toko Pertanian Belanja Tani melalui SMS / WA 0812 5222 117. Demikian sekilas pembahasan dari kami tentang Budidaya Gambas, Peluang Usaha Tanaman Hortikultura.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!